Rauhanda Riyantama
Selebrasi Timnas Thailand setelah mengalahkan Malaysia di leg II Semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Thammasat, Selasa (10/1/2023). (Instagram/@changsuek)

Gol.bolatimes.com - Di saat Timnas Indonesia belum memiliki lawan untuk beruji tanding di FIFA Matchday pada Maret 2023 nanti, rivalnya Thailand justru sudah mendapat lawan peringkat ke-68 dunia.

Kabar Thailand mendapat lawan peringkat ke-68 dunia ini bermula dari mundurnya atau batalnya perhelatan WAFF Championship 2023 atau Kejuaraan Asia Barat 2023 di Uni Emirat Arab.

Sebagai informasi, tim Gajah Perang menjadi salah satu kontestan via jalur undangan dari WAFF atau Federasi Sepak Bola Asia Barat.

Baca Juga:
Terancam Tak Diperkuat Ilija Spasojevic saat Hadapi Persib Bandung, Pelatih Bali United Tak Mau Ambil Pusing

Sejatinya, WAFF Championship akan digelar pada Maret 2023 nanti saat FIFA Matchday. Akan tetapi, Uni Emirat Arab selaku tuan rumah memutuskan mundur.

Mundurnya Uni Emirat Arab selaku tuan rumah membuat turnamen WAFF Championship 2023 kemudian diundur ke bulan September 2023.

Karena ajang mundurnya perhelatan tersebut, Thailand yang sudah menentukan agendanya di FIFA Matchday pada Maret 2023 malah kelimpungan karena berpotensi tak memiliki jadwal tanding di agenda FIFA itu.

Baca Juga:
Pertemuan Persija dengan Asisten Pelatih Shin Tae-yong Terkait Pemanggilan Pemain Timnas Indonesia, Begini Hasilnya

Alhasil, FAT selaku federasi sepak bola Thailand mulai mencari lawan untuk beruji tanding pada FIFA Matchday di bulan Maret 2023.

Tak butuh waktu lama, FAT kemudian menemukan lawan bagi Thailand di FIFA Matchday 2023. Tak tanggung-tanggung, lawan tersebut adalah Irak.

Meski masih berstatus wakil Asia, Irak sendiri bukanlah tim sembarangan. Tim berjuluk Singa Mesopotamia ini berada di peringkat ke-68 dunia.

Baca Juga:
7 Pemain Persija dan Persib Belum Gabung TC Timnas Indonesia U-20, Ketum PSSI Colek Klub

Dilansir dari akun Twitter @theaseanball, Thailand akan beruji tanding melawan Irak di FIFA Matchday 2023. Laga ini sendiri dijadwalkan akan digelar di Baghdad.

“Setelah diumumkan bahwa WAFF Championship 2023 dibatalkan atau ditunda, Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT) menghubungi Irak untuk memainkan pertandingan persahabatan pada Hari FIFA di bulan Maret,” bunyi kicauan akun @theaseanball.

Laga melawan Irak sendiri akan menjadi laga yang bermanfaat bagi Thailand untuk meningkatkan kualitasnya serta mental bertandingnya.

Baca Juga:
3 Pemain ASEAN yang Masuk Nominasi Pemain Terbaik Asia 2022, Ada Wakil Indonesia?

Tak ayal, kabar ini pun menjadi tamparan keras bagi PSSI. Pasalnya hingga artikel ini dibuat, Timnas Indonesia belum memiliki lawan tanding di FIFA Matchday pada Maret 2023 nanti.

Jika pun mendapat lawan, Timnas Indonesia tak akan menghadapi lawan yang selevel dengan Irak. Hal ini berkaca pada kode yang dilemparkan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

Sebelumnya, Indra Sjafri mengindikasikan bahwa Timnas Indonesia akan menghadapi lawan yang levelnya tak jauh berbeda dengan Curacao.

Sebagai catatan, Curacao berada di peringkat ke-86 dunia. Sehingga, lawan yang kemungkinan dihadapi Timnas Indonesia berada di peringkat ke-80 dan 90 an.

Terlepas dari hal tersebut, Timnas Indonesia membutuhkan uji tanding dengan lawan yang levelnya jauh berada di atasnya.

Hal ini lantaran Timnas Indonesia perlu menguji mental bertanding dan meningkatkan kualitasnya agar siap menghadapi Piala Asia 2023.

Kontributor: Felix Indrajaya