Muhammad Ilham Baktora
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong dan juru taktik Persija Jakarta Thomas Doll. (kolase AFP,PSSI)

Gol.bolatimes.com - Persija Jakarta akan melepas beberapa pemainnya dengan sejumlah syarat. Kiper Persija, Cahya Supriadi bisa dilepaskan namun saat Macan Kemayoran bertanding kiper harus kembali untuk mengikuti turnamen BRI Liga 1 2022/2023.

Hal itu sudah disetujui langsung oleh pelatih skuad Garuda Nusantara, Shin Tae-yong. Ia tak mempersoalkan dengan syarat yang diberikan Thomas Doll.

"Kami bisa memahami hal itu karena Persija tidak memiliki kiper kedua. Saya sudah setuju soal ini," ujar Shin Tae-yong dilansir dari Antara, Rabu (8/2/2023).

Baca Juga:
Belum Semua Pemain Timnas Indonesia U-20 Hadir, Baru 21 Pemain yang Ikuti Latihan di Hari Kedelapan

Lebih lanjut, pembicaraan soal Cahya Supriadi tersebut dilakukan dalam pertemuan antara staf pelatih timnas Indonesia yang diwakili asisten Nova Arianto dan Persija yang diwakili Wakil Presiden klub Ganesha Putera serta pelatih Thomas Doll.

Dalam pertemuan tersebut, Persija yang ingin para pemain U-20 andalannya dipoles di Liga 1 dan bukan di Timnas Indonesia U-20, menyepakati beberapa opsi dengan timnas Indonesia.

Salah satunya adalah Cahya Supriadi diminta Persija untuk kembali ke klub sehari sebelum (H-1) laga Liga 1.

Baca Juga:
Gacor di BRI Liga 1, Berikut 5 Pemain Top yang Pernah Jadi Rekan Setim Ciro Alves saat Bermain di Fluminense

Shin Tae-yong menegaskan bahwa ia memahami kondisi Persija yang saat ini dalam persaingan merebut gelar juara Liga 1 Indonesia 2022-2023.

Meski demikian, sampai Rabu (8/2/2023) siang, Cahya Supriadi bersama tiga pemain Persija lain yaitu Alfriyanto Nico, Muhammad Ferarri, dan Dony Pamungkas belum juga bergabung ke TC timnas U-20 yang sudah dimulai sejak 1 Februari kemarin.

Selain mereka, tiga pemain Persib yaitu Kakang Rudianto, Robi Darwis, dan Ferdiansyah Cecep Surya juga belum hadir di TC timnas U-20.

Baca Juga:
Mengenal Samba d'Or, Penghargaan yang Sudah Enam Kali Dimenangkan Neymar

Dua nama lain yakni Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh pun masih absen lantaran berada di luar negeri.

Marselino beraktivitas bersama klub barunya di Challenger Pro League, KMSK Deinze dan Ronaldo di Turki untuk mengupayakan kelanjutan karier di salah satu klub negara tersebut.

Shin Tae-yong pun berharap mereka dapat segera berlatih bersama Timnas U-20 agar program persiapan menuju Piala Asia U-20 2023 berjalan lancar.

Seperti diketahui, Piala Asia U-20 2023 berlangsung pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan. Dalam turnamen itu, Indonesia berada di Grup A bersama Uzbekistan, Irak, dan Suriah.

Indonesia dijadwalkan melawan Irak pada 1 Maret, lalu berduel dengan Suriah pada 4 Maret, dan bersua tuan rumah Uzbekistan pada 7 Maret 2023.