Rauhanda Riyantama
PSM Makassar hajar Barito Putera 4-1 dalam lanjutan BRI Liga 1 2022. (Instagram/liga1match)

Gol.bolatimes.com - PSM Makassar sukses melumat Barito Putera dengan skor 4-1 pada laga pekan ke-23 BRI Liga 1 2022 di Stadion BJ Habibie, Parepare, Sulawesi Selatan, Kamis (9/2/2023) sore. Kemenengan ini membuat Juku Eja kudeta posisi puncak klasemen.

Sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Bayu Pradana untuk Barito Putera, PSM menyamakan skor lewat gol Yance Sayuri yang membuat babak pertama rampung dengan skor sama kuat 1-1.

PSM lantas memberondong gawang tim tamu dengan tiga gol pada babak kedua, lewat striker muda Ramadhan Sananta dan brace kapten tim, Wiljan Pluim.

Baca Juga:
Baru Gabung TC Timnas Indonesia U-20, Striker Persija Jakarta Optimis di Piala Asia U-20 2023

Tiga gol tim tuan rumah tersebut lahir hanya dalam tempo tujuh menit, yakni pada periode menit ke-70-77. Dengan kemenangan ini, PSM pun mengkudeta posisi puncak klasemen sementara Liga 1 dari Persib Bandung.

PSM mantap di pucuk klasemen dengan raihan 47 poin dari 23 laga, unggul dua poin atas Persib. Meski demikian, Persib memang baru bermain 21 kali.

PSM kini juga unggul tiga poin atas Persija Jakarta di peringkat ketiga, yang telah bermain 22 kali. Sementara itu, Barito Putera masih di zona bawah saat ini dengan berada di peringkat ke-16 dengan mengantongi 19 poin.

Baca Juga:
Eks Anak Asuh Shin Tae-yong Cetak Sejarah di Piala Dunia Antarklub, Tantang Real Madrid di Partai Final

Di Stadion BJ Habibie, Barito Putera membuka keunggulan pada menit ke-17 setelah Bayu Pradana melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti yang mengoyak jala PSM.

PSM yang meningkatkan intensitas permainan mereka berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-27. Yance Sayuri berhasil mencetak gol setelah tembakannya dari sudut sempit di sisi kiri gagal dihalau kiper Barito Putera, Joko Ribowo.

Selepas restart, PSM langsung tampil super ofensif, namun mereka baru memetik buahnya pada menit ke-70.

Baca Juga:
Dani Alves Disebut Akui Pelakukan Pemerkosaan, Terancam 12 Tahun Penjara

Ramadhan Sananta melepaskan tembakan kaki kiri yang menjadi gol usai memanfaatkan umpan dari Victor Dethan.

Gol striker muda Timnas Indonesia itu membuat PSM semakin bersemangat untuk menyerang. Di menit ke-73, tuan rumah kembali mencetak gol.

Mendapatkan umpan dari Mufli Hidayat, Wiljan Pluim melepaskan tembakan ke pojok kiri atas gawang Barito Putera sehingga PSM unggul 3-1.

Baca Juga:
Pelatih Baru Vietnam sudah Kena Semprot Pakar Sepak Bola Eropa, Sebut Lupakan Ambisi ke Piala Dunia

Tiga menit berselang, gelandang serang senior asal Belanda itu lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor. Kali ini umpan silang Victor Dethan sukses ditanduk dengan sempurna oleh Pluim ke gawang Barito.