Muhammad Ilham Baktora
Para pemain KMSK Deinze selebrasi usai mencetak gol. (Instagram/@kmskdeinze)

Gol.bolatimes.com - Marselino Ferdinan terus memberikan efek positif selama bergabung di KMSK Deinze. Beberapa waktu belakangan, KMSK Deinze didapuk sebagai klub terpopuler keenam di Liga Belgia.

Mengutip dari Sportimize, Minggu (12/2/2023) adanya bintang muda Indonesia 18 tahun ini, memberikan pengaruh besar bagi KMSK Deinze.

Club Brugge menjadi tim paling populer di Instagram dengan 288 ribu pengikut, disusul Anderlecht (275 ribu), Genk (193 ribu), Standard (143 ribu), dan Antwerp (120 ribu).

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-20 Hajar Persija Youth di Laga Uji Coba, Pemain Keturunan Cetak Gol

Keberhasilan Deinze memasuki keenam besar klub paling populer di media sosial Belgia sangat mengejutkan.

Sebelumnya, hasil survei pada bulan lalu menunjukkan bahwa Deinze masih berada di posisi ke-25. Namun, dengan mengontrak Marselino Ferdinan, Deinze mampu memperoleh 90 ribu pengikut baru dan meningkatkan jumlah followers menjadi 103 ribu dalam waktu singkat.

Aktivitas masyarakat Asia Tenggara sangat tinggi di Instagram, dan ini membuat Deinze berhasil melewati KV Kortrijk.

Baca Juga:
Godain Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam Sebut Sudah Ditunggu Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman di Liga Indonesia

Dalam analisis pada Januari 2023, perkembangan dalam hal komunikasi Deinze sangat jelas terlihat selama beberapa bulan terakhir.

Walaupun demikian, peningkatan jumlah followers di jejaring sosial lain seperti Facebook dan Twitter masih terbatas.

Sportimize menyarankan Deinze untuk mengambil beberapa langkah untuk mempertahankan pengikut baru mereka yang sebagian besar berasal dari Indonesia. Salah satunya adalah dengan menawarkan konten khusus bagi Marselino, membuat konten dalam bahasa Indonesia.

Baca Juga:
Persita Tangerang Sikat Bhayangkara FC 1-0, Ezequiel Vidal Jadi Pahlawan Kemenangan

Tak hanya itu, mereka juga disarankan untuk membuat merchandise khusus bagi penggemar. Namun, Sportimize memperingatkan bahwa jumlah followers Deinze bisa menurun drastis jika Marselino tidak memperkuat tim tersebut lagi.