Irwan Febri Rialdi
Selebrasi Million Manhoef usai menjebol gawang FC Utrecht. (Instagram/@mijnvitesse)

Gol.bolatimes.com - Salah satu pemain keturunan Indonesia yang berkarier di luar negeri, Million Manhoef, sukses mencetak gol pada pertandingan Vitesse melawan Utrecht pada lanjutan Eredivisie 2022-2023.

Million Manhoef memang tampil cukup impresif ketika berhasil membuka keunggulan Vitesse lewat aksinya yang membuahkan gol ke gawang FC Utrecht pada menit ke-63.

Gol ini berawal ketika Million Manhoef menerima umpan terobosan dari lini tengah. Dia berhasil mendapat bola dan mengakhirinya dengan sepakan keras menyusur tanah yang menjebol gawang lawan.

Sementara pada menit ke-90+4, Vitesse FC berhasil memastikan kemenangannya setelah Maximilian Wittek sukses mencetak gol kedua untuk mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Dengan kemenangan ini, Million Manhoef sukses melanjutkan tren positifnya yang sudah berlangsung dalam empat pertandingan terakhir di Eredivisie 2022-2023.

Mereka sukses meraih dua kemenangan dan dua imbang dari empat laga terkini. Hasilnya, Vitesse naik ke peringkat ke-12 dengan koleksi 23 poin dari 21 pertandingan.

Profil Million Manhoef

Sebagai informasi, Million Manhoef merupakan pesepak bola asal Belanda yang tercatat lahir di Kota Beemster pada 3 Januari 2002. Posisi bermainnya cukup variatif karena bisa ditempatkan di sejumlah posisi.

Million Manhoef mengawali perjalanannya menimba ilmu sepak bola bersama VPV Purmersteijn (2006-2010), Zeeburgia (2010), AFC Amsterdam (2011-2016), dan Vitesse (2016-2020).

Setelah beberapa tahun melewati jenjang pembinaan usia dini milik akademi Vitesse, Manhoef perlahan-lahan naik level. Mulai dari U-17, U-19, hingga tim senior.

Pada musim ini, Million Manhoef memang terhitung produktif. Sebab, dari total 22 pertandingan di semua ajang, ia sudah bisa mencetak enam gol dan tiga assist.

Yang jadi catatan mentereng, enam gol tersebut semuanya tercipta di kompetisi kasta tertinggi Liga Belanda alias Eredivisie 2022-2023.

Apabila menilik latar belakang keluarganya, pemain dengan tinggi badan 179 cm ini memang memiliki garis keturunan Indonesia.

Dia memang lahir di Belanda, tetapi punya darah campuran antara Belanda dengan Suriname. Jika ditelusuri, bahkan ia juga punya leluhur asal Indonesia.

Football Talentnesia ID sempat menjelaskan bahwa Million Manhoef memiliki darah keturunan Indonesia dari keluarga ibunya yang berasal dari Suriname. Sebab, kakeknya adalah orang Indonesia.

“Terlepas dari Belanda-Suriname, dia juga memiliki akar keturunan Indonesia dari sisi ibunya. Kakek Milliano merupakan orang Indonesia,” tulis Football Talentnesia ID.

Jika melihat profil Instagramnya, Million Manhoef memang mencantumkan bendera Indonesia bersama dengan bendera Belanda dan juga Suriname.

Kontributor: M Faiz Alfarizie