Galih Prasetyo
Striker PSIS Semarang Hari Nur Yulianto (kiri) kenakan jersey ketiga saat melawan Dewa United di Stadion Jatidiri, Senin (13/2/2023) (ligaindonesiabaru.com)

Gol.bolatimes.com - PSIS Semarang tampil kece saat menghadapi Dewa United dalam lanjutan BRI Liga 1 2022-23 di Stadion Jatidiri, Senin (13/2/2023). Tidak hanya mampu meraih kemenangan 3-2 atas Dewa United, PSIS tampil dengan jersey ketiga mereka.

Pada laga Dewa United untuk pertama kali PSIS Semarang memakai jersey ketiga yang mengusung tema Warak Ngendog.

Desainnya tampak casual tidak seperti jersey sepak bola lazimnya. Jika dilihat lebih dalam lagi, ada unsur kearifan lokal yang dihadirkan dalam desain jersey yang tetap mengusung warna biru tersebut. Biru adalah warna kebesaran PSIS.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1 2022: PSIS Semarang Taklukkan Dewa United yang Diperkuat Egy Maulana Vikri

Desain jersey ketiga PSIS ini memang terinspirasi dari Warak Ngendog, salah satu simbol Kota Semarang. Dari penelusuran, Warak Ngendog adalah makhluk rekaan yang wujudnya berupa gabungan dari tiga hewan.

Kepala Warak Ngendog seperti naga, tubuhnya seperti buroq dan kakinya menyerupai kaki kambing. Dalam kepercayaan masyarakat Semarang, tiga hewan tersebut merupakan representasi dari tiga etnis yang berbeda, yakni etnis Tionghoa (naga), Arab (buroq), dan Jawa (kambing).

Di sisi lain, jersey baru PSIS ini nyata benar membuat pemain PSIS termasuk Hari Nur Yulianto tampil makin garang. Hari Nur Yulianto sukses mencetak dua gol di menit ke-45 dan menit ke-52.

Baca Juga:
Susah di Masa Tua, Eks Kiper PSIS Semarang Kini Jadi Tukang Pijat

“Ini adalah pertandingan yang luar biasa. Semua elemen tim bekerja keras. Alhamdulillah dalam laga ini saya bisa kembali mencetak gol. Semoga kedepannya bisa menjadi motivasi untuk saya,” kata Hari Nur Yulianto seperti dikutip dari laman resmi PT LIB.