Irwan Febri Rialdi
Brandon Scheunemann. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia U-20 sebetulnya masih memiliki sejumlah opsi di posisi bek tengah andai pemain muda Persija Jakarta, Muhammad Ferarri, benar-benar absen pada turnamen mini internasional.

Muhammad Ferarri sampai saat ini memang belum bergabung dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 karena belum mendapat izin dari pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll.

Oleh karena itu, pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, mulai mengambil langkah untuk mencoret Ferarri dari daftar nama pemain yang akan dibawa ke turnamen mini internasional.

Selain Muhammad Ferarri, sebetulnya masih ada dua nama lagi yang belum bergabung, yakni Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh yang saat ini masih berada di luar negeri.

"Kalau memang caranya seperti ini, saya juga harus mempertimbangkan kita mempersiapkan Piala Dunia U-20 ini tanpa Marselino, Ronaldo, dan Ferarri," kata Shin Tae-yong di Lapangan A Senayan, Jakarta, Rabu (15/2/2023).

"Mau tak mau saya harus berpikir begitu karena ini masalah skuad dan persiapan kami harus lebih lama itu lebih baik. Jadi saya masih mempertimbangkan bagaimana skuat Piala Dunia U-20 2023. Bisa jadi tanpa Ferarri, Marselino, dan Ronaldo," terangnya.

Sebetulnya masih ada banyak sekali opsi yang bisa digunakan Shin Tae-yong untuk menggantikan Ferarri yang tak kunjung bergabung dengan TC Timnas U-20.

Berikut Bolatimes.com menyajikan nama-nama bek yang dimiliki Timnas Indonesia U-20 untuk menghadapi turnamen mini internasional.

1. Kakang Rudianto

Kakang Rudianto menjadi pemain paling berpengalaman di skuad Timnas Indonesia U-20 andai Muhammad Ferarri terancam absen pada turnamen mini.

Pemain asal Persib Bandung ini memang sudah sering menjadi andalan Shin Tae-yong, terutama di skuad Timnas U-19 maupun U-20. 

2. Marcell Januar Putra

Selanjutnya, ada nama Marcell Januar Putra yang bisa menjadi andalan Timnas Indonesia U-20. Ia juga punya catatan yang cukup mentereng seperti Kakang.

Apalagi, pemain berusia 19 tahun yang berasal dari Persis Solo Youth ini sudah sempat menjadi andalan pelatih Fakhri Husaini ketika memperkuat Timnas Indonesia U-16.

3. Brandon Scheunemann

Jika dibandingkan dengan dua nama sebelumnya, Brandon Scheunemann barangkali adalah bek paling baru yang bakal memperkuat Timnas Indonesia U-20.
Sebelumnya, ia belum pernah menembus level tim nasional. Ini menjadi kali pertama bagi Brandon untuk bisa mencuri hati Shin Tae-yong setelah mencatat debut impresif bersama PSIS Semarang.

4. Sulthan Zaky 

Yang terakhir, ada Sulthan Zaky Pramana Putra Razaq. Bek tengah yang punya postur tinggi ini juga menjadi pemain terbaru di skuad Timnas Indonesia U-20.

Pemain asal PSM Makassar ini usianya memang baru menginjak 16 tahun. Sebelumnya, dia pernah tampil moncer bersama Timnas Indonesia U-16 saat menjuarai ajang Piala AFF U-16 2022.

Kontributor: M Faiz Alfarizie