Irwan Febri Rialdi
Klub Inggris, Oxford United. (Facebook/Oxford United)

Gol.bolatimes.com - Pemilik Oxford United, Erick Thohir, telah resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 dalam Kongres Luar Biasa (KLB) yang berlangsung Kamis (16/2/2023) lalu.

Nama Erick Thohir sendiri sudah lama dikaitkan bakal menjadi calon Ketum PSSI yang baru untuk menggantikan Mochamad Iriawan alias Iwan Bule.

Sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu dinilai punya kapabilitas untuk mengelola federasi sepak bola Tanah Air. Salah satu alasannya ada ia berpengalaman di dunia sepak bola internasional.

Tentu masih segar diingatan bagaimana Erick Thohir pernah menjadi pemilik saham dari raksasa Italia, Inter Milan, dan klub Amerika Serikat, D.C United.

Saat ini Erick Thohir juga menjadi salah satu pemilik dari klub asal Inggris yang bermain di League One (divisi ketiga di Inggris) Oxford United.

Lantas, seperti apa profil dan sepak terjang dari Oxford United ini?

Profil Oxford United

Klub dengan nama lengkap Oxford United Football Club ini merupakan salah satu klub tertua di Inggris yang sudah berdiri sejak 1893.

Saat ini, Oxford United tengah berkompetisi di League One dan jadi musim keenam mereka di kasta ketiga Liga Inggris tersebut sejak raih tiket promosi musim 2016/17.

Selama perjalanan klub, Oxford United memang lebih banyak berkutat di kasta bawah Inggris. Bahkan mereka pernah mengalami masa kelam dengan turun ke divisi kelima Inggris atau Conference National pada musim 2005/06.

Butuh waktu empat musim agar Oxford United untuk bisa promosi ke League Two dan setelah perjuangan panjang, mereka mampu meraih tiket promosi ke League One pada musim 2015/16.

Oxford United pun mampu bertahan di League One hingga musim ini. Meski jarang mentas di kasta tertinggi Liga Inggris, Oxford terbilang punya beberapa prestasi.

Diantaranya menjuarai Divisi Ketiga Inggris pada musim 1984/85 dan dua kali menjuarai Divisi Keempat Inggris pada 1967/68 dan 1983/84.

Oxford United juga mengoleksi gelar League Cup musim 1985/86, Football League Trophy 2016/17 serta Southern League Cup 1952/53 dan 1953/54.

Nama Oxford United lantas jadi perbincangan di Indonesia usai pada 2021 sebuah konsorsium asal Indonesia yang dipimpin erick Thohir membeli Oxford United.

Erick Thohir dan Anindya Bakrie saat ini tercatat sebagai Direkrut Oxford United. Erick Thohir juga pernah berada dalam barisan manajemen Oxford United dari tahun 2018-2019.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha