Rauhanda Riyantama
Supachai Chaided bermain di Buriram United. (Instagram/supachai.9)

Gol.bolatimes.com - Salah satu bukti keunggulan pemain Thailand ketimbang Indonesia dapat dilihat dari catatan gol di kompetisi domestik, Supachai Chaided jadi contohnya.

Thailand selalu menjadi momok menakutkan bagi timnas Indonesia di Piala AFF, hal itu tak lepas dari pembinaan kompetisi domestik yang mencetak pemain berkualitas.

Kualitas pemain dapat dilihat dari catatan gol dan hal itu diperlihatkan Supachai Chaided, pemain lokal Thailand yang sukses menjadi top skor di kompetisi teratas Negeri Seribu Pagoda.

Baca Juga:
Misi Asnawi Mangkualam di Jeonnam Dragons, Cetak 10 Gol dan Patahkan Prangsaka Buruk

Striker timnas Thailand itu saat ini membela Buriram United dan sementara mengoleksi gol terbanyak di Thai League hingga pekan ke-18 dan memimpin klasemen sementara.

Supachai berhasil membawa Buriram unggul 11 poin dari Bangkok United yang bertengger di peringkat kedua klasemen sementara, keistimewaan ini bertambah dengan torehan pribadi.

Di mana Supachai satu-satunya pemain lokal yang bersaing menjadi top skor, dari 16 pertandingan berhasil mencetak 12 gol sekaligus terbanyak sementara.

Baca Juga:
3 Pemain yang Tampil Apik saat Timnas Indonesia U-20 Kalah Lawan Selandia Baru

Namanya berada di puncak dengan jumlah total 110 pemain asing yang 54 di antaranya berposisi sebagai penyerang, mampu dikalahkannya untuk saat ini.

Meski begitu catatan itu tentu tak diraih sendiri, perlu adanya kerja sama tim yang baik mulai dari kiper, lini bertahan, lini tengah dan penyerangan.

Dari satu pemain ini saja sudah dapat membedakan bagaimana kualitas pemain Thailand berada di atas pemain Indonesia di level ASEAN dan bahkan Asia.

Baca Juga:
Makin Nyetel saat Lawan Timnas Selandia Baru U-20, Hugo Samir diminta Netizen Jadi Starter

Saat ini pencetak gol terbanyak Liga 1 2022 ada pada sosok David da Silva, penyerang Brasil milik Persib Bandung dengan 18 gol.

Dalam lima besar daftar pencetak gol terbanyak bahkan tidak ada pemain Indonesia, posisi kedua hingga kelima diisi para pemain asing.

Hanya Ilija Spasojevic yang mampu bertengger di peringkat ketiga, itu pun dibantu dengan status naturalisasinya sebagai WNI.

Baca Juga:
Gagal Cetak Gol ke Gawang Selandia Baru U-20, Ini Kata Frengky Missa

Liga 1 2022 saat ini memiliki 71 pemain asing dengan 27 di antarnya berposisi sebagai pemain depan, baik striker maupun sayap.

Sementara kegemilangan Supachai di tanah sendiri bisa menjadi contoh yang patut diikuti Indonesia dalam menghasilkan pemain berkualitas.

Kontributor: Eko