Gagah Radhitya Widiaseno
Elkan Baggott saat tampil di Piala AFF 2020 (PSSI)

Gol.bolatimes.com - Kiper Filipina curhat dapat perlakuan kurang mengenakkan di Liga Inggris. Elkan Baggott wajib waspada.

Salah seorang kiper Timnas Filipina, Neil Etheridge, mendapatkan perlakuan rasis oleh bocah 15 tahun.

Kala itu, Neil yang membela Birmingham City menjamu Blacburn Rover dalam lanjutan piala FA yang digelar pada 28 Januari 2023.

Baca Juga:
Tak Peduli Performa Guatemala U-20 yang Belum Terkalahkan, Shin Tae-yong Pakai Cara Ini Bungkam Pemain Lawan

Neil tampil apik di bawah mistar gawang dan membantu timnya menahan imbang dengan skor 2-2. Penampilan apik ini ternyata membuat salah seorang fans Blackburn Rovers mengucapkan kata rasis pada Neil.

Fans tersebut berusia 15 tahun dan mengucapkan kata rasis dengan kata 'babi' dan menirukan gesture mata sipit.

"Kami mencetak gol penyeimbang di menit-menit terakhir di Ewood Park, saya merayakannya di garis tengah dan," ucap Neil Etheridge dilansir dari The Sun.

Baca Juga:
Tumbang dari Selandia Baru U-20, Kakang Rudianto Soroti 2 Hal yang Perlu Diperbaiki Timnas Indonesia U-20

Kiper Cardiff City dan Timnas Filipina, Neil Etheridge. [Oli SCARFF / AFP]

"Saat saya berjalan kembali ke gawang, saya mendengar jenis pelecehan normal yang biasa Anda alami. Lalu, tiba-tiba, ada seseorang yang berdiri di tengah kerumunan dan itu menjadi sangat buruk. Dia berkata, 'Dasar ba***an Cina'.

"Dia kemudian menarik wajahnya ke belakang untuk memberi kesan dia memiliki mata 'China', seperti yang mungkin dikatakan orang. Saya benar-benar terkejut," imbuhnya.

Hal ini tentunya membuat sakit hati Neil yang tidak salah apa-apa. Ia kecewa dengan perlakuan yang diterimanya.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Kembali jadi Bintang Iklan, Publik Seret Nama Thomas Doll

"Rasanya seperti ditusuk dengan pisau panas di area tubuh saya yang bahkan tidak saya ketahui," ujar Neil.

"Anda merasa benar-benar mati rasa, benar-benar terdegradasi dan tidak berharga, yang merupakan sensasi yang sangat aneh. Itu sangat melukaimu. Secara mental, itu memengaruhi Anda. Kemudian Anda mulai mempertanyakan diri sendiri," tambahnya.

"Ketika polisi berbicara kepada saya, saya berpikir, 'Apakah ini benar-benar terjadi?' Meskipun rekaman CCTV membuatnya sangat jelas. Saya melaporkannya ke wasit, dia menanganinya dengan baik dan FA terlibat. Polisi menemukan pelakunya," pungkasnya.

Akhirnya pelaku pun berhasil ditangkap kepolisian setempat. Ini bisa menjadi kode untuk Elkan Baggott yang juga bermain di Liga Inggris.

Barangkali nanti ada suporter tim lawan yang mengeluarkan kata rasis untuknya.

Elkan Baggott saat ini membela sebuah klub Inggris Cheltenham Town FC. Ia baru saja hengkang dari Gillingham FC pada Januari 2023 lalu.