Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Alexis Messidoro dan Fernando Rodriguez. (Instagram/@persisofficial)

Gol.bolatimes.com - Hasil BRI Liga 1 2022/2023, Persis Solo berhasil comeback udan menghajar PSS Sleman dengan skor telak 4-1 dalam laga pekan ke-26 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Selasa (21/2/2023).

Pertandingan bertajuk Derbi Mataram ini PSS Sleman unggul lebih dahulu pada menit ke-39 lewat gol Jonathan Cantillana. Persis mengamuk di babak kedua dan mencetak tiga gol via Alexis Messidoro (54'), Irfan Bachdim (56'), Fernando Rodriguez (73'), dan Ryo Matsumura (90+3).

Hasil ini membawa Laskar Sambernyawa menduduki posisi delapan dengan 33 poin. Sementara Super Elang Jawa di posisi 14 dengan 28 poin.

Jalannya Pertandingan

Duel Persis Solo vs PSS Sleman sengit di babak pertama. Persis yang bermain kandang rasa tandang lebih banyak memainkan bola ketimbang PSS Sleman.

Tapi, serangan yang didapat Persis Solo tidak efektif karena selalu bisa digagalkan pemain-pemain PSS Sleman. Sulit bagi Laskar Sambernyawa membongkar pertahanan Super Elang Jawa.

PSS Sleman tidak hanya bertahan saja. Beberapa kali mereka membuat ancaman, meski sulit dijadikan sebuah gol untuk menambah angka.

Adapun gol baru tercipta pada menit ke-39 lewat titik putih. Jonathan Cantillana mencatatkan namanya papan skor usai tendangannya tak bisa dimentahkan Gianluca Pandeynuwu.

Tidak ada lagi gol sampai turun minum. Untuk sementara Persis Solo unggul 1-0 atas PSS Sleman.

Persis Solo tampil lebih greget di babak kedua ini. Tekanan sudah dilakukan sejak peluit dibunyikan wasit. PSS Sleman dibuat bermain di area pertahanan sendiri.

Upaya Persis Solo berbuah hasil pada menit ke-54. Alexis Messidoro mencatatkan namanya di papan skor sekaligus mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Tidak butuh waktu lama bagi Persis kembali mencetak gol. Umpan silang Messidoro diteruskan oleh Irfan Bachdim ke dalam gawang PSS Sleman dan membuat skor menjadi 2-1.

PSS menekan setelah tertinggal. Persis memberikan respons dengan membuat kokoh pertahanan mereka, tapi serangan baliknya masih berbahaya.

Terbukti via counter attack Persis Solo menambah keunggulan menjadi 3-1. Tandukan keras Fernando Rodriguez usai umpan Messidoro tak bisa ditepis kiper PSS Sleman pada menit 73.

Di sisa pertandingan setelah unggul 3-1, Persis Solo tidak mengurangi intensitas serangan. PSS Sleman justru tertekan lini pertahanannya.

Alhasil, Laskar Sambernyawa kembali membobol gawang PSS Sleman untuk keempat kalinya di masa tambahan waktu. Ryo Matsumura yang berhadapan langsung dengan kiper PSS mudah saja memasukkannya ke dalam gawang.

Sampai peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan wasit, skor 4-1 untuk Persis Solo tidak mengalami perubahan.

Susunan Pemain

Persis Solo (4-2-3-1): Gianluca Pandeynuwu; Eky Taufik, Jaimerson Xavier, Rian Miziar, Alfath Faathier; Sutanto Tan, Mochamad Fajar; Alexis Messidoro, Arapenta Poerba, Fedinan Sinaga; Fernando Ortega.

Pelatih: Leonardo Medina.

PSS Sleman (4-1-2-3): Try Hamdani; Muhammad Bagus Nirwanto, Ifan Nanda, Nur Diansyah, Derry Rachman Noor; Kim Jeffrey; Todd Ferre, Jonathan Cantillana; Riki Dwi Saputo, Yevhen Bokhashvili, Haris Tuharea.

Pelatih: Seto Nurdiantoro.