Rauhanda Riyantama
Pelatih baru Borneo FC, Pieter Huistra. (Instagram/pieterhuistra)

Gol.bolatimes.com - Borneo FC lagi-lagi berganti pelatih, kali ini Pesut Etam menunjuk pelatih berkewarganegaraan Belanda, Pieter Huistra. Ia merupakan sosok yang tak asing dengan sepak bola Indonesia.

Penunjukan Huistra sebagai pelatih anyar Borneo FC diumumkan sehari setelah laga melawan Persita Tangerang. Di laga tersebut, Borneo ditahan imbang 1-1.

Hadirnya Huistra diharapkan bisa mendongkrak performa Borneo FC untuk bisa bertahan di papan atas Liga 1 2022/23. Saat ini, Borneo FC menduduki peringkat keempat dengan koleksi 41 poin.

Baca Juga:
Demi Tingkatkan Kualitas Timnas Malaysia, FAM Bakal Kirim Banyak Pemain ke Eropa

Lantas, ada sederet fakta menarik yang ada pada diri Pieter Huistra.

1. Legenda Rangers

Sebagai pelatih yang dulunya seorang mantan pemain, Huistra terbilang punya CV yang mentereng. Ia malang melintang di berbagai klub Eropa selama berkaier.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Ungkap Hal yang Harus Diperbaiki Timnas Indonesia U-20 usai Dibungkam Guatemala

Sosok yang dulunya berposisi sebagai winger ini juga sempat membela klub asal Skotlandia, Rangers. Ia bermain selama lima musim di sana dengan torehan 22 gol di Liga Skotlandia dari 125 laga.

Bahkan istimewanya, selama lima musim di Rangers itu, Huistra mampu mempersembahkan lima gelar Liga Skotlandia, dua gelar Piala Skotlandia, dan tiga trofi Piala Liga Skotlandia.

2. Sempat Latih Ajax

Baca Juga:
Marselino Ferdinan Absen di Piala Asia U-20 2023, Dibutuhkan KMSK Deinze untuk Lolos dari Degradasi Liga 2 Belgia?

Setelah pensiun pada 2001, Huistra langsung terjun ke dunia kepelatihan. Selama perjalanan kariernya sebagai pelatih, ia sempat menukangi klub-klub elite Eropa.

Di antaranya Huistra pernah melatih Jong Ajax pada 2009-2010. Selain itu, ia juga sempat melatih beberapa klub Belanda lainnya, yaitu Groningen dan De Graafschap. 

3. Eks Pelatih Timnas Indonesia

Baca Juga:
Sapu Bersih Kemenangan di Indonesia, Timnas Guatemala U-20 Makin Pede Hadapi Piala Dunia U-20 2023

Selama perjalanannya sebagai pelatih pula, Pieter Huistra sempat terbang ke Asia dengan menerima pinangan menjadi Direktur Teknik Timnas Indonesia pada 2015.

Di sela-sela tugasnya sebagai Dirtek, Huistra juga sempat ditunjuk sebagai pelatih interim Timnas Indonesia pada tahun 2015, menggantikan Benny Dollo.

Namun nasib kurang baik, karena kala itu sepakbola Indonesia berkonflik dengan Kemenpora sehingga akhirnya dihukum oleh FIFA.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha