Irwan Febri Rialdi
Muhammad Ferrari cetak satu gol saat Timnas Indonesia U-20 kalah tipis lawan Selandia Baru U-20 dengan skor 1-2. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Rekap hasil uji coba Timnas Indonesia U-20 akan dibahas dalam artikel kali ini. Rangkaian uji coba ini dimaksudkan sebagai persiapan menuju Piala Asia U-20 2023.

Timnas Indonesia U-20 sendiri tergabung di Grup A bersama Irak, Suriah, dan tuan rumah Uzbekistan pada Piala Asia U-20 2023 yang berlangsung 1-18 Maret mendatang.

Untuk mempersiapkan timnya, Shin Tae-yong pun sudah menggelar pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 sejak awal Februari lalu.

Selain latihan yang intens, PSSI juga memfasilitasi Timnas Indonesia U-20 untuk menggelar serangkaian laga uji coba demi mematangkan persiapan.

Uji coba pertama Timnas Indonesia U-20 dimulai dengan menghadapi Persija Youth pada Sabtu (11/2). Pada duel tersebut, Skuad Garuda Nusantara sukses meraih kemenangan 3-1.

Memble di Turnamen Mini

Timnas Indonesia U-20 pun panen pujian, namun kondisi berbeda terjadi ketika Hokky Caraka dan kolega mentas di Turnamen Mini 2023 garapan PSSI.

Turnamen mini ini diikuti oleh empat tim termasuk Timnas U-20, Selandia Baru U-20, Guatemala U-20, dan Fiji U-20.  Secara peta kekuatan, Timnas U-20 di atas kertas mampu mengungguli lawan-lawannya.

Adapun, format turnamen mini yang diikuti oleh empat tim ini mempertemukan setiap tim dalam satu pertandingan. Itu artinya setiap tim harus bertanding sebanyak tiga kali.

Hal itu semakin diperkuat dengan keberhasilan Timnas Indonesia U-20 mengalahkan Fiji dengan skor 4-0 di laga perdana turnamen mini.

Namun, kondisi berbeda terjadi di sisa dua pertandingan. Timnas Indonesia U-20 kalah dari Selandia Baru dengan skor 1-2, dari sini Shin Tae-yong menekankan buruknya penyelesaian akhir para pemain.

Nyatanya evaluasi dari Shin Tae-yong belum membuahkan hasil saat Timnas Indonesia U-20 melawan Guatemala di laga terakhir turnamen mini, Selasa (21/2/2022).

Di pertandingan tersebut, Timnas Indonesia U-20 kembali menelan kekalahan dengan skor 0-1. Tentunya, hasil pemanasan ini bukan yang diharapkan sebelum ke Uzbekistan untuk tampil di Piala Asia U-20 2023.

Jika dirinci, rangkaian uji coba Timnas Indonesia U-20 selama memulai pemusatan latihan adalah dua kali menang dan dua kali menelan kekalahan.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha