Arif Budi Setyanto
Timnas Uzbekistan U-20 saat menghadapi Oman jelang Piala Asia U-20 2023. (dok.UFA)

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia U-20 berada di Grup A Piala Asia U-20 2023. Grup ini bak neraka bagi skuad Garuda Nusantara karena semua pesaingnya ingin lolos ke Piala Dunia U-20.

Di Piala Asia U-20 2023, timnas Indonesia U-20 akan berhadapan dengan tuan rumah Uzbekistan, Irak, serta Suriah. Tiga tim yang dilawan skuad Garuda Nusantara semua bakal tampil ngotot.

Uzbekistan yang bertindak sebagai tuan rumah akan menggunakan keuntungan ini untuk melaju jauh. Jika masuk semifinal, mereka otomatis mengunci satu tiket ke Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di Indonesia.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-20 Kalah dari Guatemala, Hugo Samir Akhirnya Buka Suara

Bukan hanya tim tuan rumah, Irak juga berhasrat untuk tampil di Indonesia. Ambisi itu diungkap oleh staf timnas yang menargetkan empat besar atau semifinal.

"Ambisi pertama adalah mendapatkan posisi empat besar (semifinal) untuk lolos ke Piala Dunia U-20 dan kemudian bersaing memperebutkan gelar Piala Asia U-20," ucap Qahtan Al-Maliki, koordinator media Irak U-20 dikutip dari Al Arabia SportsTV, Senin (20/2/2023) lalu.

Timnas Irak U-20 jalani latihan. (dok.IFA)

Terbaru lawan timnas Indonesia U-20 lainnya, yakni Suriah juga punya target sama. Sang pelatih Mark Wotte siap tempur untuk membawa anak asuhnya ke semifinal.

Baca Juga:
Rekap Hasil Uji Coba Timnas Indonesia U-20 Jelang Piala Asia U-20 2023, Bikin Deg-degan

Mark Wotte awalnya mengungkap kriteria pemain yang layak diboyong Suriah ke Piala Asia U-20 2023. Ia mengaku membutuhkan pemain dengan mentalitas bagus.

"Lebih baik memiliki pemain yamg memiliki mental bagus di tim. Kami membutuhkan pemain bersedia memperkuat Suriah dan juga disiplin mau mendengarkan pelatih untuk melakukan apa yang kami inginkan," ujar Mark Wotte dalam video unggahan Syrian FA baru-baru ini.

"Para pemain harus membuktikan kepada staf pelatih kalau pilihan kami tepat. Kami akan tampil bagus di Piala Asia U-20 demi meraih tujuan lolos ke semifinal agar bisa tampil di Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia," terangnya.

Baca Juga:
Minim Menit Bermain Di Timnas Indonesia U-20, Pemain Keturunan Ini Berpotensi Dicoret Shin Tae-yong

Adapun timnas Indonesia U-20 sendiri sudah dipastikan untuk lolos ke Piala Dunia U-20 karena berstatus sebagai tuan rumah. Walau begitu, ajang Piala Asia U-20 2023 akan dimanfaatkan Shin Tae-yong untuk persiapan tim di Mei mendatang.

Sementara itu, Piala Asia U-20 2023 akan dimulai paa 1-18 Maret 2023. Empat tim yang masuk ke semifinal secara otomatis bakal mengantongi tiket ke Indonesia untuk Piala Dunia U-20.

Baca Juga:
Sama Seperti Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Malaysia U-23 Temui Kendala jelang SEA Games 2023