Irwan Febri Rialdi
Philippe Troussier, mantan pelatih Timnas Jepang dan Vietnam U-19. (AFP/Nhac NGUYEN)

Gol.bolatimes.com - Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) akhirnya mengumumkan pelatih baru pengganti Park Hang-seo. Ia adalah Philippe Troussier yang bakal menangani tim senior serta U-23.

Park Hang-seo resmi berpisah dengan timnas Vietnam usai kontraknya habis pada 31 Januari 2023 lalu. VFF pun resmi menunjuk penggantinya, yaitu Philippe Troussier dengan proses yang ketat.

"Pemilihan ini berlangsung dengan proses yang ketat. VFF dan Philippe Troussier pada dasarnya sudah mencapai kesepatkan dengan pekerjaan pelatih kepala timnas dan U-23 serta tujuan dan tugas lainnya," tulis laporan situs resmi VFF.

Pengumuman resmi pelatih asal Prancis ini akan dilakukan Februari akhir. Ia pun diharapkan bisa mempersiapkan tim Vietnam di FIFA Matchday serta untuk SEA Games 2023 Kamboja.

Sementara itu, mengenai gaji, Philippe Troussier mendapat bayaran yang tinggi. Dilansir dari Zingnews, gajinya sebesar 1,5 juta dolar alias Rp 22,7 miliar per tahun.

Apabila dihitung per bulan, maka gaji Philippe Troussier adalah Rp 1,89 miliar.

Angka tersebut terbilang tinggi untuk pelatih yang menangani dua level tim nasional. Sementara Shin Tae-yong yang memegang tiga level tim nasional di Indonesia hanya digaji Rp 1,1 miliar per bulan.