Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong (tengah) menendang bola saat memimpin latihan Timnas U-20 di Lapangan A, Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/2/2023). ( ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong pesimis skuadnya bisa bersaing di Piala Asia U-20 2023 yang digelar mulai 1 Maret mendatang.

Bahkan Shin Tae-yong menilai Timnas Indonesia U-20 belum siap tampil di Piala Asia U-20 hingga menjadi perhatian salah satu media lokal Vietnam Soha.vn.

Menurut media Vietnam, rasa pesimisme Shin Tae-yong muncul menyusul hasil buruk di Turnamen Mini Internasional 2023 di mana Skuad Garuda Nusantara hanya menang satu kali dari tiga laga yang dilakoni.

Shin Tae-yong menyebut fisik dan mental para pemainnya masih kurang untuk menghadapi kejuaran yang akan digelar di Uzbekistan.

"Kalah Terus, Pelatih Shin Tae-yong Akui Indonesia 'Belum Siap Menghadiri Piala Asia U-20'," tulis judul artikel Soha.vn dikutip Selasa (23/2/2023).

"Pelatih Shin Tae-yong dari Timnas U-20 mengakui skuadnya saat ini belum 100% untuk berpartisipasi di Piala Asia U-20," lanjutnya.

Selain itu, Shin Tae-yong juga disebut kehilangan amunisi penting karena Marselino Ferdinan tak bisa membela Timnas Indonesia di Piala Asia U-20 2023 setelah memutuskan berhijrah ke Belgia.

Di samping itu, sejumlah pemain keturunan juga belum bisa mempekuat Skuad Garuda Nusantara karena proses naturalisasinya belum rampung.

"Dia (STY) hanya bisa berharap semua kesulitan bisa teratasi di Piala Dunia U-20 Mei nanti," imbuhnya.

Di Piala Asia U-20 2023, Indonesia tergabung dalam Grup A bersama Irak, Suriah dan tuan rumah Uzbekitan. Kejuaraan itu digelar pada 1-18 Maret mendatang.