Muhammad Ilham Baktora
Potret dua pemain Tajikistan U-20 vs Suriah U-20 berduel merebutkan bola saat laga uji coba, Rabu (22/2/2023). (Instagram/@fft_official)

Gol.bolatimes.com - Calon lawan Timnas Indonesia U-20, yakni Suriah U-20 tampil gemilang saat laga uji coba menghadapi Tajikistan U-20, Rabu (23/2/2023). Timnas Suriah U-20 menang 1-0 dari Tajikistan dalam laga tersebut.

Beberapa foto dan video yang dibagikan oleh akun Instagram resmi Federasi Sepak Bola Tajikistan menampilkan para pemain memiliki postur tinggi. Netizen Indonesia yang ikut mengomentari foto tersebut melihat, potensi skuad Garuda Nusantara untuk menang cukup kecil.

Bukan tanpa alasan postur tubuh pemain Suriah yang masih berusia 20 tahun ke bawah besar dan tinggi. Netizen pun memberikan beberapa saran agar Shin Tae-yong melakukan strategi jitu untuk kuat menghadapi Suriah U-20.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-20 Ada di Grup Neraka Piala Asia U-20 2023, Semua Lawan Berhasrat Lolos Piala Dunia U-20

Indonesia U-20 akan melakoni turnamen Piala Asia U-20 Maret 2023 mendatang. Mereka akan berlabuh ke Uzbekistan akhir pekan ini dan siap bertarung menghadapi Irak pada 1 Maret 2023.

Indonesia tergabung di Grup A Piala Asia U-20 bersama tuan rumah Uzbekistan, Irak dan Suriah U-20.

Baru-baru ini Timnas Suriah U-20 berhasil menorehkan hasil positif menghadapi Tajikistan U-20 dalam laga uji coba. Skuad asuhan Mark Wotte ini menang 1-0.

Baca Juga:
Piala Asia U-20 2023 Belum Dimulai, Calon Lawan Timnas Indonesia U-20 Berambisi Lolos ke Semifinal

Momen Uji coba tersebut dibagikan juga oleh akun Instagram Federasi Sepak Bola Tajikistan @fft_official, Rabu (22/2/2023). Selanjutnya di repost oleh akun Instagram @garudagfansbook yang dibanjiri komenar netizen Indonesia.

Tak sedikit netizen yang pesimis bahwa Arkhan Fikri dkk akan berhasil menaklukkan lawannya di Grup A nanti.

"Itu 20 tahun udah kayak pemain senior, mana besar lagi badannya," tulis @d_muz****.

Baca Juga:
Fakta Unik di Turnamen Mini, Lawan Timnas Indonesia U-20 Selalu Dapat Kartu Merah

"Kalah postur tubuh lah ini Indonesia," @fajar.rmd***.

Meski demikian, banyak yang masih yakin skuad Garuda Nusantara bisa memetik kemenangan. Netizen juga memberikan saran bagaimana Indonesia sebaiknya menghadapi pemain-pemain berpostur besar ini.

"Kalau gini doank bisalah bersaing. Counter attack bisa jadi strategi STY buat ngelawan postur gede gitu. Pokoknya hindari bola-bola udara," kata @josian_lui***.

"Mode empat center-back oke tuh. Jadi satu left-back satu right-back bisa lebih kuat pertahanannya," saran @chand****.

"Atau bisa STY pakai mode Parkir Bus kayak ngalahin Kuwait kemarin," sebut @alex_tamb****.

Meski berhadapan dengan pemain berpostur besar. Indonesia U-20 sudah pernah bertemu saat menghadapi Selandia Baru.

Serangan dan juga pertahanan Indonesia berhasil diobrak-abrik lawan. Indonesia kalah 2-1 dalam laga tersebut.

Kendati begitu, Garuda Nusantara masih memiliki kesempatan besar untuk bertarung di Piala Asia U-20 nanti. Hal itu juga sejalan dengan rencana Shin Tae-yong yang bakal membenahi pertahanan dan gaya serangan Hokky Caraka dkk.