Irwan Febri Rialdi
Asnawi Mangkualam diperkenalkan sebagai pemain Jeonnam Dragons (Youtube/Jeonnam Dragons)

Gol.bolatimes.com - 'Ada udang di balik batu', istilah ini cocok diberikan kepada salah satu media Vietnam, Soha.vn, yang belum lama ini memberikan pujian-pujian untuk bek Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam.

Soha memuji Asnawi Mangkualam sebagai pemain Asia Tenggara yang sudah sukses di Korea Selatan. Sebab, ia sudah mendapatkan menit bermain ketika membela Ansan Greeenrs.

Total 42 penampilan dengan sumbanganan dua gol dicatatkan oleh Asnawi Mangkualam. Kini, eks pemain PSM Makassar tersebut direkrut Jeonnam Dragons untuk musim 2023.

Tak hanya itu, Asnawi Mangkualam juga disebut sebagai salah satu bek terbaik Asia Tenggara dan dianggap layak untuk naik level memperkuat klub K-League 1 (kasta pertama).

Namun, di balik pujian tersebut, media Vietnam rupanya memiliki maksud tersembunyi, yakni berharap Asnawi Mangkualam bisa membantu adaptasi salah satu bintang mereka yang tengah merantau di Korea Selatan, yakni Nguyen Van Toan.

Van Toan resmi bergabung dengan klub K-League 2, Seoul E-Land, pada Januari 2023. Dengan dibantu Asnawi dalam adaptasi, penyerang 26 tahun itu diharapkan bisa segera mendapatkan menit bermain.

Sementara itu, Asnawi Mangkualam memang siap membantu pemain Asia Tenggara yang berkarier di Korea Selatan. Ia siap berkawan di luar lapangan meski berbeda bendera negara.

"Saya merasa terhormat menjadi pemain Asia Tenggara pertama yang bermain di K-League 2," kata Asnawi Mangkualam.

"Kemungkinan besar saya akan bertemu dengan pemain Asia Tenggara lainnya di pertandingan mendatang," lanjutnya.

"Di lapangan, kami adalah lawan dan melakukan yang terbaik untuk tim. tim. Tapi saat pertandingan selesai, kita bisa menjadi teman. Saat orang ini dalam masalah, kita semua bisa membantu," tuturnya menambahkan.