Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Indonesia U-20 berpose sebelum melawan Tim Nasional Fiji U-20 dalam pertandingan uji coba internasional U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (17/2/2023). Timnas Indonesia U-20 kalahkan Fiji U-20 dengan skor akhir 4-0. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia U-20 memiliki sejumlah faktor pendukung mampu lolos dari fase grup Piala Asia U-20 2023, meski peluang yang ada terbilang kecil.

Meski mendapati hasil kurang memuaskan di persiapan terakhir menuju Piala Asia U-20 2023 lewat turnamen mini, Timnas Indonesia U-20 penuh percaya diri menyambut turnamen.

Menghadapi tiga kontestan Piala Dunia U-20 2023, Timnas U-20 hanya mampu memetik satu kemenangan atas Fiji dengan skor 4-0, itupun diwarnai insiden baku hantam dan keluarnya 4 kartu merah.

Baca Juga:
Beda Nasib dengan Justin Hubner, Ivar Jenner Gagal Bawa Timnya Raih Poin Penuh

Sementara dua laga lain berujung kekalahan, masing-masing dari Selandia Baru (1-2) dan melawan 10 pemain Guatemala (0-1).

Sebanyak 23 pemain terpilih memperkuat skuad Garuda Nusantara, meski tanpa sosok Marselino Ferdinan yang dicoret usai tak kunjung menampakkan batang hidungnya di pemusatan latihan.

Skuad asuhan Shin Tae-yong tergabung dalam Grup A bersama Uzbekistan, Suriah dan Irak pada babak penyisihan grup Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga:
Respon Berkelas Mark Klok Usai Cetak Gol Kemenangan Persib atas Arema FC

Dengan kualitas yang dimiliki, timnas Indonesia U-20 hanya perlu memetik kemenangan dengan skor tipis di setiap laga pada fase grup.

Setidaknya ada 3 faktor pendorong yang menjadikan timnas Indonesia U-20 mampu lolos dari babak penyisihan grup Piala Asia U-20 2023.

Lantas apa saja yang bisa membuat timnas Indonesia U-20 lolos dari babak penyisihan grup Piala Asia U-20 2023? berikut di antaranya.

Baca Juga:
Tanpa Marselino Ferdinan, Prediksi Skuad Inti Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023

1. Psikologia terbalik

Berkaca dari status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Shin Tae-yong sedikit menyesalkan hanya membawa 50 persen tenaga ke Piala Asia U-20 2023.

Padahal hasil di Piala Asia U-20 2023 tidak berdampak apapun terhadap status Garuda Nusantara di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Marselino Ferdinan Masuk Skuad KMSK Deinze, Bisa Debut Hari Ini

Shin Tae-yong hanya ingin mengukur sejauh mana kualitas bermain anak asuhnya untuk mengukur kekuatan yang akan diandalkan di Piala Dunia nanti.

"Sebenarnya tim yang akan ikut Piala Dunia sebagai tim tuan rumah, tapi sayangnya kita cuma bisa bawa skuad 50 persen yang terbaik," ucap ujar Shin Tae-yong kepada.

"Harusnya bisa full skuad yang dibawa, supaya kita bisa melihat persaingan para pemain seperti apa dan melihat juga persiapan Piala Dunia nantinya bagaimana. Jadi itu yang saya sayangkan saja." imbuhnya.

Meski demikian, hal itu bisa menjadi psikologia terbalik untuk para pemain terpilih di Piala Asia U-20 menunjukkan seluruh kualitas yang dimiliki dalam memetik kemenangan.

2. Skuad Terbaik

Sebanyak 23 pemain terpilih, nama-nama terbaik pemuda Indonesia dengan talenta sepak bola yang luar biasa meski dua di antara pemain keturunan.

Indonesia tak kehilangan talenta sepak bola berbakat, meski tanpa seorang Marselino Ferdinan mengingat para pengganti sudah bermunculan.

Termasuk Arkhan Fikri, kemudian pemain paling muda di tubuh Garuda Nusantara, Sulthan Zaky yang mendapat kepercayaan penuh STY.

Menarik dinantikan bagaimana skuad terbaik timnas Indonesia U-20 berlaga di Piala Asia, akankah menggebrak atau hanya jadi lumbung gol lawan.

3. Keberuntungan

Keberuntungan menaungi skuad Garuda Nusantara, hal ini tak lepas dari tergabung di Grup A bersama tuan ruma Uzbekistan, Suriah dan Irak.

Kekuatan sepak bola Indonesia di level kelompok umur bisa diadu dengan sederet tim Asia lain, termasuk ketiga lawan di Piala Asia U-20.

Bukan tak mungkin anak asuh STY tampil mengejutkan dengan sederet kemenangan demi kemenangan dan lolos ke babak selanjutnya.

Kontributor: Felix Indrajaya