Rauhanda Riyantama
Aksi David da Silva saat Persib Bandung takluk lawan Barito Putera 1-2. (Dok. Persib)

Gol.bolatimes.com - Barito Putera sukses meraih kemenangan dramatis lawan Persib Bandung pada pekan ke-27 BRI Liga 1 2022 di Stadion Demang Lehman, Martapura, Senin (27/2/2023). Sempat tertinggal satu gol, Laskar Antasari balik menang dengan skor 2-1.

Persib unggul lebih dahulu pada menit ke-20 lewat gol David da Silva. Barito Putera balas di babak kedua lewat dua gol Renan Alves (65') dan Gustavo Freire (79').

Kekalahan membuat Maung Bandung tertahan di peringkat kedua dengan 52 poin, selisih empat angka dari PSM di puncak klasemen. Persib juga gagal melebarkan jarak dengan Persija Jakarta yang ada di posisi tiga dengan 51 poin.

Baca Juga:
Media Vietnam Soroti Shin Tae-yong yang Bingung dengan Target Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023

Sementara Barito Putera ada kini ada di posisi 16 dengan 25 poin. Mereka kalah tiga poin dari PSS Sleman di batas zona aman.

Jalannya pertandingan

Persib yang mengincar kemenangan sudah menekan sejak pertandingan dimulai. Maung Bandung nampak bermain lepas terus mengurung pertahanan Barito Putera.

Baca Juga:
Terus-terusan Alami Kekalahan, Pelatih PSS Sleman Pasrah dengan Nasibnya ke Depan

Banyak sekali peluang yang didapat Marc Klok dan kawan-kawan di babak pertama ini. Tapi, sulit bagi tim kesayangan Bobotoh itu mencetak gol.

Adapun angka baru bisa diciptakan Persib pada menit ke-20. Umpan terobosan Beckham Putra diteruskan oleh David da Silva lewat sepakan kerasnya yang tak bisa ditepis Yoewanto Setya Beny.

Persib terus berusaha menambah keunggulan. Sementara Barito Putera berusaha keluar dari tekanan lewat serangan berbahaya yang dilakukan.

Baca Juga:
Tiba di Uzbekistan, Timnas Indonesia U-20 Langsung Latihan di Bawah Suhu Dingin Ekstrem

Angin segar menghampiri Barito Putera setelah kiper Persib Teja Paku Alam diusir wasit usai mendapat kartu merah pada menit ke-44. Teja melakukan pelanggaran usai meninju bola di luar kotak area penalti miliknya.

Tidak ada gol sampai turun minum. Persib Bandung sementara unggul 1-0 atas Barito Putera di babak pertama.

Di babak kedua Barito Putera lebih berani dalam melakukan tekanan. Unggul jumlah pemain membuat Laskar Antasari diuntungkan karena bisa memberikan tekanan.

Baca Juga:
Kabar Duka, Pebulu Tangkis Muda Berbakat Indonesia Az Zahra Putri Dania Meninggal Dunia

Gol yang ditunggu-tunggu Barito Putera lahir pada menit ke-64. Umpan terukur dari Rizky Pora disundulah bola ke dalam gawang Persib yang kini dijaga Reky Rahayu.

Maung Bandung terus digempur pertahanannya oleh Barito Putera di babak kedua ini. Kehilangan satu pemain membuat tim kesayangan Bobotoh itu kesulitan keluar dari tekanan.

Akhirnya Barito Putera mencatatkan comeback pada menit ke-79. Lagi-lagi assist dari Rizky Pora berujung tandukan Gustavo Freire ke dalam gawang Reky Rahayu sekaligus mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Persib mencoba menyerang, namun sulit karena kalah jumlah pemain. Sementara Barito Putera masih dominan menguasai permainan.

Susunan Pemain

Barito Putera (4-2-3-1): Yoewanto Setya Beny; Aditya Putra Dewa, Yuswanto Aditya, Renan Alves, Bagas Kaffa; Nazar Nurzaidin, Muhamad Firli; Rizky Pora, Ryota Noma, Mike Ott; Gustavo Freire.

Pelatih: Rahmad Darmawan.

Persib (3-5-2): Teja Paku Alam; Victor Igbonefo, Daisuke Sato, Rachmat Irianto; Henhen Herdiana, Marc Klok, Dedi Kusnandar, Rezaldi Hehanussa; Ezra Walian, David da Silva, Beckham Putra.

Pelatih: Luis Milla.