Rauhanda Riyantama
Pelatih baru Persita Tangerang, Luis Edmundo Riquelme. (Persita)

Gol.bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Luis Edmundo Riquelme, pelatih anyar Persita Tangerang yang sekaligus mantan pemain dari tim berjuluk Pendekar Cisadane itu.

Persita akhirnya menunjuk pelatih baru untuk mengarungi sisa Liga 1 2022-2023 dengan menunjuk mantan pemainnya sendiri, yakni Luis Edmundo Riquelme.

Pria asal Chile itu ditunjuk untuk mengisi kursi yang kosong sepeninggal Alfredo Vera yang dilengserkan dari jabatannya sebagai pelatih.

Baca Juga:
Borong 2 Gol, Wonderkid Timnas Malaysia Bersinar di Klub Islandia

Penunjukkan ini pun bukan tanpa sebab. Diketahui, pria yang akrab disapa Luis Duran ini sebelumnya berstatus pelatih Persita U-20 sejak 2020 lalu.

“Perasaan saya sangat bahagia karena mendapat kepercayaan untuk melatih Persita. Klub ini seperti keluarga dan ini menjadi momen yang sangat spesial bagi saya,” ucapnya dilansir dari laman resmi klub.

“Saya sudah siap dan tak sabar untuk bisa bekerja sama dengan para pemain dalam menghadapi pertandingan yang akan datang pekan ini,” lanjut Luis Duran.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Lakoni Comeback, Barito Putera Tundukkan Persib Bandung 2-1

Dengan penunjukkan ini, banyak yang mencari tahu sosok Luis Duran. Berikut Bolatimes.com sajikan profil dari pelatih baru Persita Tangerang tersebut.

Legenda Persita Tangerang

Luis Edmundo Duran Riquelme merupakan mantan pemain sekaligus pelatih yang lahir di Valdivia, Chile, pada 2 Juni 1979 atau 43 tahun silam.

Baca Juga:
Shin Tae-yong Bingung dengan Target Anak Asuhnya di Piala Asia U-20, Komentar Media Vietnam Ini Julid Banget

Awal kariernya di lapangan hijau bermula di kampung halamannya, saat dirinya bermain untuk Deportes Linares di kasta kedua Liga Chile, terhitung sejak 1997.

Kiprahnya di Chile pun hanya bertahan hingga 2006, di mana ia membela klub lainnya seperti Union La Calera, Deportes Ovalle, Deportes Copiapo, hingga Santiago Wanderers.

Kemudian, Luis Duran hijrah ke Indonesia dengan membela Mitra Kukar (2007-2008) dan bermain untuk Persis Solo (2008-2009), sebelum akhirnya bergabung dengan Persita Tangerang.

Baca Juga:
Media Vietnam Soroti Shin Tae-yong yang Bingung dengan Target Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023

Berbeda dengan saat bermain untuk Mitra Kukar dan Persis Solo, Luis Duran justru bertahan lama di Persita. Tercatat ia berseragam tim dengan warna dominan ungu itu sejak 2009 hingga 2015.

Selama bermain untuk Persita, Luis Duran yang berposisi sebagai bek tengah ini mampu menjadi kapten tim, sebelum akhirnya gantung sepatu dan pulang ke Chile.

Pasca gantung sepatu, eks penggawa Timnas Chile U-17 ini pun menempuh dunia kepelatihan, di mana ia menggenggam lisensi CONMEBOL Pro yang setara dengan UEFA A.

Usai mendapat lisensi tersebut, ia kembali ke Persita pada 2020 setelah berkonsultasi dengan Presiden klub saat itu, Ahmed Rully Zulfikar, untuk menukangi tim U-20.

Kini, Luis Duran punya tugas untuk membawa tim senior Persita kembali ke trek kemenangan, usai meraih tiga hasil imbang dalam tiga laga terakhirnya di Liga 1 2022-2023.

Kontributor: Felix Indrajaya