Muhammad Ilham Baktora
Shin Tae-yong memberi arahan kepada Yoo Jae-hoon, instruktur pelatih Timnas Indonesia U-20. (Instagram/pace_yoojaehoon)

Gol.bolatimes.com - Shin Tae-yong pelatih Timnas Indonesia U-20 masih belum yakin dengan hasil terbaik saat anak asuhnya bertarung di Piala Asia U-20.

Hal itu mendapat perhatian dari pengamat sepak bola, Mohamad Kusnaeni yang memberi saran terhadap Shin Tae-yong jika masih belum bisa memberi hasil lebih untuk warga Indonesia.

Seperti diketahui, Arkhan Fikri dkk menjalani laga perdananya pada Piala Asia U-20 melawan Irak U-20 pada 1 Maret 2023.

Baca Juga:
Buka Suara Soal Kylian Mbappe, Erling Haaland Akui Kehebatan dan Ingin Satu Tim Dengannya

Shin Tae-yong masih sulit menentukan target apa yang pas untuk anak asuhnya yang dianggap belum dalam full team menghadapi turnamen se-Asia itu.

Mohamad Kusnaeni, atau sapaan akrabnya Bung Kus menyarankan agar Shin Tae-yong tak membebani para pemainnya dengan gelar juara. Bahkan ia menyarankan untuk menyeleksi skuad Garuda Nusantara di ajang Piala Dunia U-20 2023, nanti.

"Jangan dibebani secara berlebihan, apalagi sampai harus dapat juara. Piala Asia ini jadikan sebagai proses seleksi menuju pembentukan tim yang nantinya dibawa ke Piala Dunia U-20 tahun ini," katanya, Selasa (28/2/2023).

Baca Juga:
Teja Paku Alam Dapat Kartu Merah Akibat Aksi 'Petik Mangga', Luis Milla Angkat Bicara

Pelatih asal Korea ini juga tak menampik bahwa hasil dari turnamen ini tidak bisa memuaskan dahaga masyarakat Indonesia akan kemenangan. Ia juga akan menjadikan turnamen ini sebagai bahan evaluasi.

Di sisi lain, Bung Kus juga meminta agar Shin Tae-yong teliti memilih anak asuhnya yang akan dibawa ke ajang Piala Dunia U-20.

"Jadi proses seleksi tadi menjadi cara dia untuk membawa pemain mana saja yang layak ke Piala Dunia U-20," kata dia.

Baca Juga:
Beda dengan Thomas Doll, Pelatih Irak U-20 Puji Langkah Shin Tae-yong Gelar TC Jangka Panjang Timnas Indonesia

Usai melewati pertandingan persahabatan pada turnamen mini internasional pertengahan Februari 2023 lalu, Indonesia masih kalah jauhdari tim-tim lain.

Tiga laga yang dimainkan skuad Garuda Nusantara, dua diantaranya kalah. Melawan Selandia Baru U-20 Indonesia kalah 1-2.

Sementara saat menghadapi Guatemala, Indonesia tumbang 1-0. Hal ini yang memicu penilaian serta ungkapan Shin Tae-yong sendiri masih ragu dengan kemampuan anak asuhnya.