Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Indonesia U-20 berpose sebelum melawan Tim Nasional Fiji U-20 dalam pertandingan uji coba internasional U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (17/2/2023). Timnas Indonesia U-20 kalahkan Fiji U-20 dengan skor akhir 4-0. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.

Gol.bolatimes.com - Berikut lima negara dengan skuat termuda di Piala Asia U-20 2023, di mana Timnas Indonesia U-20 masih kalah dari negara tetangga.

Kurang dari sehari lagi, Piala Asia U-20 2023 akan resmi digelar. Ajang ini dijadwalkan akan dibuka pada tanggal 1 Maret 2023 dan rampung pada tanggal 18 Maret 2023 di Uzbekistan.

Jelang digelarnya ajang ini, 16 kontestan yang ada telah hadir ke Uzbekistan dan telah membawa pemain-pemain yang akan diandalkannya.

Baca Juga:
Ada Pemain Berdarah 'Jawa' di Chelsea, Musim Depan Bakal Dilepas ke Burnley, Siapa Dia?

Karena Piala Asia U-20 2023 ini merupakan kompetisi antar pemain muda dengan batas usia 20 tahun, maka setiap kontestan membawa banyak pemain dengan usia di bawah ketentuan tersebut.

Beberapa negara bahkan ada yang membawa pemain-pemain yang usianya jauh masih tergolong belia, seperti pemain berusia 16 tahun untuk ajang ini.

Karena banyak bermaterikan pemain muda, kira-kira negara mana yang punya skuat dengan rata-rata usia termuda di Piala Asia U-20 2023? Berikut daftarnya.

Baca Juga:
Daftar Pemain yang Dipanggil Indra Sjafri untuk TC Jelang SEA Games 2023, Didominasi Pemain Liga 2

5. Jepang

Jepang menjadi negara kelima dengan rataan usia termuda di skuatnya untuk Piala Asia U-20 2023 ini. Diketahui, rataan usia pemain Samurai Biru di ajang ini berada pada pada usia 18 tahun 6 bulan.

Dari 23 pemain muda yang dibawa, pemain dengan status termuda jatuh pada Fullback milik Barcelona, yakni Niko Takahashi yang baru berusia 17 tahun.

Baca Juga:
Daftar Pemain Persija Jakarta yang Absen saat Hadapi Persib Bandung

4. Tajikistan

Tajikistan yang akan melakoni Piala Asia U-20 kelimanya sepanjang sejarah, juga membawa pemain dengan rata-rata usia yang amat muda, yakni 18 tahun 6 bulan.

Sama seperti Jepang, pemain termuda di kubu Tajikistan sendiri jatuh pada pemain berusia 17 tahun, yakni Fathkullo Olimzoda yang berasa dari klub Dynamo Dushanbe.

Baca Juga:
Masih Ingat dengan Cyrus Margono? Begini Kabarnya Saat Ini di Panathinakos

3. Qatar

Qatar yang punya riwayat apik di Piala Asia U-20, juga melakukan regenerasi dengan mengandalkan pemain muda untuk ajang ini. Diketahui, rataan usia pemain mereka adalah 18 tahun 6 bulan.

Qatar mengandalkan banyak pemain mudanya di ajang ini, salah satunya adalah Mohammed Mohammadali yang baru berusia 17 tahun.

2. Indonesia

Timnas Indonesia U-20 binaan Shin Tae-yong pun tak ketinggalan meneruskan regenerasinya dengan membawa pemain-pemain muda ke Piala Asia U-20. Rataan skuat Garuda Nusantara untuk ajang ini yakni 18 tahun 6 bulan.

Berbeda dengan Jepang, Tajikistan, dan Qatar, Indonesia berani menggunakan pemain berusia 16 tahun untuk ajang ini pada diri Sulthan Zaky.

1. Australia

Untuk kontestan dengan rataan usia termuda di Piala Asia U-20 2023 jatuh ke tangan Australia yang membawa skuat dengan rata-rata usia 18 tahun 4 bulan.

Negara tetangga Indonesia ini membawa dua pemain yang baru berusia 17 tahun, seperti Jonny Yull dan Alex Robinson. Keduanya pun ditemani oleh banyak pemain yang baru berusia belasan tahun saja.

Kontributor: Felix Indrajaya