Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
Pesepak bola Tim Nasional Indonesia U-19 Zanadin Fariz (kanan) terjatuh dilanggar pesepak bola Tim Nasional Filipina U-19 Antoine Ortega (kiri) dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/7/2022). [ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww]

Gol.bolatimes.com - Zanadin Fariz dipastikan absen membela Timnas Indonesia U-20 di ajang Piala Asia U-20 2023. Penyababnya, gelandang Persis Solo tersebut mengalami cedera.

Pelatih Timnas Indonesia U-20 Shin Tae-yong mengatakan Zanadin mengalami cedera ketika tampil di Turnamen Mini Internasional beberapa waktu lalu. Akibat cederanya itu, Zanadin dipastikan tak bermain di Piala Asia U-20 2023.

"Ya, Zanadin cedera sebelum datang ke sini. Meski begitu pemulihannya berjalan baik," kata Shin Tae-yong dalam keterangan PSSI, Selasa (28/2/2023).

"Pergantian yang kami lakukan dilakukan karena kondisi fisiknya yang tidak baik dan cederanya kambuh. Nampaknya dia tidak bisa berpartisipasi di turnamen ini," jelasnya.

Timnas Indonesia U-20 akan memulai kiprahnya di Piala Asia U-20 2023 dengan menghadapi Irak di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Rabu (1/3/2023) malam WIB. Shin Tae-yong memastikan skuad besutannya siap tempur di laga itu meski ada keterbatasan.

Setelah Irak, Timnas Indonesia U-20 juga berada satu grup bersama tuan rumah Uzbekistan dan Suriah. Sebanyak 23 pemain dibawa Shin Tae-yong untuk bersaing dengan Irak, Suriah, dan Uzbekistan.

"Kami ke sini untuk ikut berpartisipasi di turnamen ini. Kami sudah bersiap-siap dengan baik menjelang pertandingan pertama besok," jelas Shin Tae-yong.

Salah satu yang menjadi sorotan Shin Tae-yong adalah masalah finishing. Kini, Hokky Caraka dan kawan-kawan sudah diasah agar penyelesaian akhir menjadi lebih oke.

"Aspek finishing adalah hal yang sedang kami tingkatkan. Turnamen ini adalah kesempatan untuk mempertajam kemampuan penyelesaian pemain," terang Shin Tae-yong.

"Tentu ada perbedaan jauh dengan Indonesia tentang suhu udara. Kami hanya bisa terus memantau bagaimana kondisi para pemain untuk pertandingan besok. Selama latihan kami tidak punya masalah besar," pungkasnya.