Husna Rahmayunita
Pelatih Vietnam Phillipe Troussier. (Dok. AFF)

Gol.bolatimes.com - Pelatih baru Timnas Vietnam U-23 Philippe Troussier tak segan memarahi para pemainnya di sela sesi latihan yang berlangsung baru-baru ini.

Philippe Troussier menegur pemain yang melakukan kesalahan ketika berlatih bahkan sampai menghentikan latihan beberapa kali. Ia menunjukkan ketegasnnya sebagai pelatih.

Pada Kamis (2/3/2023), Timnas Indonesia U-23 menggelar latihan. Menariknya, empat penjaga gawang diminta berpartisipasi dalam agenda kali ini.

Semua kiper harus melakukan operan pendek, cepat dengan sentuhan rendah. Ketika Philippe Troussier melihat salah satu kiper membuat bola melewati kepada rekan satu tim, dia marah dan langsung memberikan teguran

"Jangan pernah lakukan itu. Jangan pernah!," ucapnya kepada kiper Quang Van Chuan seperti dikabarkan Soha.vn.

Juru taktik asal Prancis itu beberapa mengingatkan pemainnya yang berbuat kesalahan. Dia mengharapkan penjaga gawang memiliki visi, kemampuan untuk mengoper bola dan berkoordinasi dengan baik dengan para pemain bertahan.

Dia juga meminta para penjaga gawang untuk aktif menjemput bola dan berkomunikasi dengan rekan satu tim selama latihan berlangsung.

Dalam kegiatan tersebut, Troussier pun berkali-kali menghentikan latihan untuk memperbaiki kesalahan Vietnam U-23. Beberapa kali dia masuk ke lapangan untuk memberikan instruksi.

Para pemain diatur dari posisi menerima bola, mengejar hingga mengamati sekitar sebelum melancarkan operan.

"Kamu tidak bisa bermain sepak bola dengan emosi, gunakan kepalamu," kata Troussier di tempat latihan.

Sesi latihan Timnas Vietnam U-23 berlangsung sekitar 2 jam. Ini merupakan bagian dari persiapan untuk SEA Games 2023 yang akan digelar di Kamboja.