Gagah Radhitya Widiaseno
Wasit asal Jerman Aytekin melihat layar VAR (Video Assistant Referee) saat Inggris menghadapi Italia di laga persahabatan di Wembley. (AFP/Ian KINGTON)

Gol.bolatimes.com - Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di Indonesia siap menggunakan Video Assistant Referee (VAR). Hal ini diungkapkan oleh International Football Association Board (IFAB) selaku badan kepengurusan yang menentukan aturan-aturan dalam permainan sepak bola.

IFAB memutuskan untuk menerapkan uji coba penayangan peninjauan VAR pada Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

IFAB mengadakan rapat tahunan di London pada Sabtu (4/3/2023). Hasil rapat tersebut diputuskan uji coba penayangan peninjauan VAT lewat layar besar di stadion.

Baca Juga:
Kiper Timnas Indonesia U-20 Minta Dukungan Suporter Jelang Hadapi Uzbekistan

Sebelumnya, uji coba ini pernah dilakukan pada ajang Piala Dunia Antar Klub 2023 yang digelar di Maroko.

Kemudian, IFAB ingin menerapkannya juga di Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di Indonesia.

Hal ini guna memperlihatkan transparansi keputusan wasit pemimpin lapangan ketika ada momen kontroversial. Para suporter nantinya bakal tahu.

Baca Juga:
Klub Milik Ketum PSSI Erick Thohir Punya Suporter Mengerikan, Keluarga Mantan Pelatih Dilecehkan

“Pada Rapat Umum Tahunan (RUPST) ke-137 yang diadakan di London hari ini, IFAB menyetujui sejumlah perubahan dan klarifikasi terhadap Laws of the Game,” bunyi keterangan dilansir laman resmi IFAB.

“IFAB membuat keputusan untuk lebih meningkatkan komunikasi kepada para penggemar di stadion. Uji coba 12 bulan secara eksklusif terkait keputusan VAR di turnamen FIFA dimulai di Piala Dunia Antar Klub 2022 di Maroko awal tahun ini,” sambungnya lagi.

Potret Stadion Gelora Bung Tomo yang masuk jadi calon venue Piala Dunia U-20 2023. (Instagram/gelorabungtomo)

"Dan bakal diterapkan di Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Keputusan kemudian akan dibuat apakah uji coba ini akan dilanjutkan di turnamen FIFA lainnya akhir tahun ini," pungkasnya.

Baca Juga:
Jadwal Timnas Wanita U-20 di Babak Pertama Kualifikasi Piala Asia Wanita U-20, Lawan Vietnam di Laga Perdana

Tapi yang menjadi pertanyaan, apakah nantinya stadion di Indonesia siap menerima uji coba teknologi VAR ini.

Enam venue sudah disiapkan untuk gelaran Piala Dunia U-20 2023 diantaranya Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Bandung Lautan (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion I Kapten Wayan Dipta (Bali), dan Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang).

Menarik dilihat apakah enam stadion tersebut sanggup menerapkan penayangan VAR kepada penonton di stadion. Mengingat selama ini layar di stadion Indonesia hanya mencantumkan skor pertandingan.