Husna Rahmayunita
Pemain timnas Indonesia, Stefano Lilipaly ketika menghadapi Bangladesh dalam laga uji coba FIFA Matchday di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Rabu (1/6/2022) malam WIB. [PSSI]

Gol.bolatimes.com - Wacana PSSI untuk membatasai pemain naturalisasi di Liga 1 musim depan menuai beragam reaksi. Sederet pemain naturalisasi Indonesia bersuara.

Viral unggahan pesepak bola Indonesia berstatus pemain naturalisasi seperti Stefano Lilipaly dan Diego Michiels.

Kedua pemain yang pernah membela Timnas Indonesia itu membagikan unggahan menggelitik lewat Story Instagram menyusul wacana regulasi pemain Liga 1 yang baru digaungkan.

Baca Juga:
Jalani Debut, Pembalap Indonesia Rheza Danica Raih Podium Tertinggi di Kejurnas Mandalika Racing

Terlihat postingan yang memperlihatkan poin-poin regulasi Liga 1, di mana salah satunya menyebut setiap tim maksimal hanya boleh memiliki dua pemain naturalisasi.

Diduga karena kecewa dengan regulasi tersebut, Stefano Lilipaly pun menyertakan tulisan, "Kalo main untuk Timnas, kita orang Indonesia. Saat main di Liga kita orang naturalisasi,".

Postingan Stefano Lilipaly. (Instagram/@stefanolilipaly)

Postingan tersebut rupanya juga sempat dibagikan oleh rekan setimnya di Borneo FC, Diego Michiels lewat akun media sosial pribadinya.

Baca Juga:
PSSI Tetapkan Format Baru Liga 1 Musim Depan, Begini Penjelasannya

Lilipaly juga menuliskan, "Tambah pemain asing. Limit pemain Indonesia (naturalisasi)," dalam unggahan yang lain.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan pihaknya mendorong agar setiap klub Liga 1 dan Liga 2 Indonesia diperkuat maksimal satu pemain naturalisasi dalam Sarasehan Sepak Bola di Surabaya, Sabtu (4/3/2023).

"PSSI mengambil posisi, kalau bisa pemain naturalisasi hanya satu orang. Jika tidak, kapan pesepak bola Indonesia akan bermain," ujar Erick di GBK Arena, Jakarta, Minggu.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Apa Benar Bagus Kahfi sudah Setuju Pulang ke Tanah Air Bela Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023?

Menurutnya pembatasan jumlah pemain naturalisasi bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada pemain lokal dan  menegakkan keadilan di kompetisi.

Namun, Erick Thohir menegaskan kebijakan tersebut baru sebatas usulan dan masih akan dibicarakan dengan pihak-pihak terkait.

"Ini bagian dari menata untuk mencari titik temu bersama dan belum tuntas," kata mantan Presiden klub Liga Italia Inter Milan itu seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga:
Curhat Eks Kiper Timnas Indonesia U-19 Ravi Murdianto, 7 Bulan Belum Digaji oleh Persikab Bandung

Sementara terkait pemain asing, Erick Thohir menyebut bahwa klub-klub sepakat kompetisi Liga 1 Indonesia 2023/2024 menggunakan skema 5+1. Dengan begitu, setiap tim bisa diperkuat maksimal lima pemain asing nonASEAN dan satu pemain impor dari kawasan ASEAN.