Galih Prasetyo
Striker muda Jepang Naoki Kumata (Twitter @ole_fctokyoCR)

Gol.bolatimes.com - Striker muda tim Jepang U-20, Naoki Kumata untuk sementara menjadi top skor sementara Piala Asia U-20 2023. Pemain berusia 18 tahun ini kini bertengger dengan koleksi 3 gol.

Pada laga kedua Jepang di babak fase grup D, Kumata menyumbang satu dari tiga gol ke gawang Kyrgyzstan. Sebelumnya di laga pertama melawan Cina, Kumata menorehkan dua gol alias brace.

Bakat Naoki Kumata menjadi harapan baru sepak bola Jepang. Pemain kelahiran Prefektur Fukushima ini sedari kecil memang bercita-cita menjadi pesepak bola profesional.

Baca Juga:
Kisah Timnas Indonesia Juarai Piala Asia U-20 1961, Sempat Tumbangkan Jepang

Naoki saat masih belia menimba ilmu sepak bola di Midorigaoka Soccer Sports Boy Scouts di Kota Koriyama. Naoki mengaku sudah berlatih sepak bola sejak usianya baru 8 tahun. Setelahnya, ia kemudian bergabung ke tim U-15 FC Tokyo.

Melansir dari halaman resmi klub, Naoki bergabung ke tim U-15 FC Tokyo saat ia baru masuk ke bangku SMA. Ia baru mendaftar di tim FC Tokyo pada Februari 2010.

Beruang si Kaki Kidal

Baca Juga:
Chanathip Songkrasin Disebut Tak Bahagia di Liga Jepang, Klub BRI Liga 1 Angkut Gak Nih?

Ditilik dari postur tubuh dan kemampuannya bermain, Naoki Kumata dikenal publik Jepang sebagai pemain muda yang sangat mengandalkan fisiknya.

Saat wawancara dengan laman resmi FC Tokyo, Naoki pun mengakui karena fisiknya, sejumlah orang terdekatnya memanggilnya dengan sebutan beruang.

"Ia menggunakan kemampuan fisik dan kekuatan tubuhnya yang tinggi untuk menjadi titik awal serangan," ulas laman resmi FC Tokyo.

Baca Juga:
5 Pemain Jepang yang Catatkan Menit Bermain Terbanyak di Premier League

Yang juga menarik, Naoki juga dikenal sebagai pemain muda Jepang yang memiliki tembakan kaki kiri yang sangat berbahaya.

Golnya ke gawang Kyrgyzstan yang dicetaknya pada menit ke-75 memanfaatkan umpan dari Taisei Abe juga menggunakan kaki kiri.

Di level klub, penampilan Naoki pun digadang-gadang akan membuatnya jadi pemain besar di Jepang. Pada 123 April 2022, ia melakoni debut di tim utama FC Tokyo melawan Shonan Bellmare di J League Cup.

Baca Juga:
Melempem di Eropa, Bintang Vietnam Disebut Bakal Jajal Liga Jepang, Mau Adu Skill dengan Pratama Arhan?

Setelahnya, pada Agustus 2022 manajem klub putuskan bahwa ia kemudian menjadi bagian dari tim utama FC Tokyo.