Husna Rahmayunita
Justin Hubner jadi kapten Timnas Indonesia U-20 saat lawan Valerenga Fotball U-20. (Instagram/@pssi)

Gol.bolatimes.com - Pemain keturunan Justin Hubner dipanggil ke Timnas Belanda U-20. Pemanggilan ini menuai sorotan lantaran di tengah proses naturalisasi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Nama Justin Hubner masuk dalam skuad sementara Timnas Belanda U-20 untuk menghadapi Prancis dalam laga persahabatan di Marbella, Spanyol, 25 Maret 2023.

Pemain Wolverhampton Wanderers U-21 itu termasuk 35 pemain pilihan pelatih Martijn Reuser untuk tim sementara sebelum adanya pengumuman skuad final.

Baca Juga:
BRI Liga 1: Satu Pemain Absen, Persik Kediri Boyong 22 Pemain untuk Hadapi Persib Bandung

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengatakan pihaknya tak mencemaskan pemanggilan Justin Hubner oleh Timnas Belanda U-20 karena sang pemain sudah berkomitmen menjadi WNI demi membela Timnas Indonesia U-20.

"Selama dia konsisten dan berkomitmen (menjadi WNI-red) tidak ada yang perlu dicemaskan," ujar Indra di Lapangan B Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (7/3/2023).

Indra Sjafri menerangkan saat ini proses naturalisasi Justin Hubner dan dua pemain keturunan lain yakni Ivar Jenner dan Rafael Struick telah sampai di DPR. Ketiganya diproyeksi membela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Komentar Legenda Inggris Jelang Duel Garuda Select vs Blackburn Rovers

Namun, lantaran DPR masih dalam masa reses sampai 13 Maret 2023, proses naturalisasi Justin Hubner Cs di tingkat legislatif belum dapat dilakukan.

"Kami masih menunggu karena DPR sedang reses," ungkap pria yang juga pelatih Timnas U-22 di SEA Games 2023.

Lebih jauh, ia ia menegaskan PSSI tidak meragukan hasrat Justin untuk menjadi WNI, yang membuatnya bakal memperkuat Indonesia di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Persib Bandung vs Persik Kediri, Marc Klok Diragukan Tampil dan Tiba-tiba Jalani Pemeriksaan

Hal tersebut lantaran Justin Hubner sudah menjalani proses untuk berganti kewarganegaraan dan mengunjungi Indonesia untuk menuntaskan pengisian serta pengumpulan dokumen alih kewarganegaraan.

Selain itu, Justin Hubner juga sempat berlatih bersama timnas U-20 Indonesia di Turki pada November 2022.

"Misalnya dia tidak hadir di Indonesia, mungkin kami kurang yakin kepada dia. Namun, dia sudah datang ke Jakarta dan apa yang di undang-undang telah dilaksanakan. Doakan saja semuanya selesai sesegera mungkin," ungkap Indra Sjafri seperti dimuat Antara.

Baca Juga:
Selisih 10 Poin dari PSM, Pemain Persib Janjikan Permainan Spartan