Muhammad Ilham Baktora
Pemain Timnas Indonesia U-22 melakukan pertandingan uji coba internal di Lapangan B Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (7/3/2023), sebagai persiapan menuju SEA Games 2023. (ANTARA/Michael Siahaan)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri tak menampik bahwa kualitas pemain muda di Liga 2 cukup bersaing dengan pemain-pemain Liga 1. Hal itu dia ungkapkan saat melatih para pemain yang sedang melangsungkan TC.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-22 dalam persiapan melakoni ajang SEA Games 2023 Kamboja, Mei mendatang. Sejumlah persiapan dilakukan salah satunya menyeleksi pemain-pemain muda yang ada di Liga 1 dan Liga 2 Indonesia.

Indra Sjafri cukup terjejut dengan rekomendasi pelatih Liga 2 yang melepaskan anak asuhnya untuk menjalani pemusatan latihan untuk SEA Games 2023 nanti.

Baca Juga:
Justin Hubner Dipanggil Timnas Belanda U-20, Indra Sjafri: Tak Perlu Dicemaskan

"Saya cukup surprise dan berterima kasih untuk klub, terutama klub Liga 2. Jadi apa yang telah mereka rekomendasikan tidak salah dan mereka benar-benar bisa dimainkan untuk bagian dari SEA Games," terang Indra dikutip dari laman resmi PSSI, Selasa (7/3/2023).

Meski mengapresiasi kualitas pemain Liga 2, Indra Sjafri menyebut bahwa seleksi masih dilakukan. Pemain Liga 2 akan bersaing dengan pemain Liga 1 yang mendapat jam terbang mengingat pertandingan tidak berhenti.

Terdapat 34 pemain yang dipanggil ke dalam TC Timnas Indonesia U-22. Hari ini ada pencoretan sebanyak 18-19 pemain.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Dijadikan Inspirasi Vietnam U-20 untuk Lolos dari Grup Neraka Piala Asia U-20 2023

Indra juga mengaku bahwa setengah dari pemain yang dipanggil sudah sesuai dengan target yang ditentukan pelatih 60 tahun itu.

"Jadi hampir separuh pemain ini memiliki kualitas yang sesuai dengan apa yang kita harapkan. Jadi mereka memang pantas menjadi bagian tim ini. Tapi nanti mereka akan bersaing lagi dengan pemain lain," terang dia.

Indra menjelaskan akan ada dua gelombang penyeleksian yang dia lakukan. Seleksi 34 pemain sudah dilakukan dan mengambil 19 orang.

Baca Juga:
Persiapan SEA Games 2023: Indra Sjafri Resmi Coret 19 Pemain dari TC Timnas Indonesia U-22

Lalu seleksi gelombang kedua akan dimulai pada 9-16 Maret, dengan menyeleksi 19 pemain yang bertahan saat ini. Selanjutnya Timnas Indonesia U-22 full training menuju SEA Games 2023.