Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Indonesia U-20 Hokky Caraka (kanan) bersama rekan setimnya melakukan selebrasi seusai berhasil mencetak gol ke gawang Timnas U-20 Suriah di kualifikasi Grup A Piala Asia U-20 di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Uzbekistan, Sabtu (4/3/2023). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nz).

Gol.bolatimes.com - Berikut deretan pemain yang layak dipertahankan Timnas Indonesia U-20 untuk mengarungi Piala Dunia U-20 2023 pada Mei hingga Juni mendatang.

Timnas Indonesia U-20 tengah banjir kritik dari penikmat sepak bola Tanah Air, menyusul kegagalan di ajang Piala Asia U-20 2023.

Kegagalan itu didapat setelah tim besutan Shin Tae-yong tersebut hanya finis di peringkat ketiga dengan raihan empat poin, sehingga gagal melangkah ke babak perempat final ajang dua tahunan itu.

Baca Juga:
2 Pemain Timnas Indonesia Bersinar Masuk Best XI Liga Malaysia

Perolehan empat poin itu sejatinya sama dengan koleksi poin Irak yang ada di peringkat kedua. Namun, Timnas Indonesia U-20 kalah dari selisih gol sepanjang fase grup.

Akibat kegagalan ini, kritik banyak datang dari penikmat sepak bola Tanah Air. Kritik ini utamanya datang kepada para penggawa Timnas Indonesia U-20.

Banyak yang berharap agar Timnas Indonesia U-20 melakukan perombakan skuad dan mengandalkan pemain keturunan atau naturalisasi saja untuk berlaga di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Pemain Liga 1 yang Dipanggil ke TC Timnas U-22 Tahap Kedua, Ada Pemain Kelahiran Jepang

Sebagai informasi, skuad Garuda Nusantara, julukan Timnas Indonesia U-20, memang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2023 karena statusnya sebagai tuan rumah.

Agar tak jadi bulan-bulanan dan bisa meraih hasil maksimal di Piala Dunia U-20 2023, banyak yang berharap agar banyak pemain keturunan dinaturalisasi.

Meski begitu, Piala Asia U-20 2023 mengajarkan bahwa ada beberapa pemain lokal yang justru bisa tampil apik bagi Timnas Indonesia U-20 dan layak dipertahankan pada Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Ulah Suporter West Ham Saat Awayday, Mabuk dan Bawa Kokain Berakhir Krisis di Rumah Sakit

Siapa saja pemain tersebut?

1. Daffa Fasya

Berstatus kiper pelapis, Daffa Fasya mampu menaikkan statusnya jadi kiper andalan Timnas Indonesia U-20 sepanjang Piala Asia U-20 2023 lalu.

Baca Juga:
Si Bolang dari Tanah Laut yang Menarik Perhatian Indra Sjafri

Penampilannya sepanjang Piala Asia U-20 2023 lalu pun terbilang memuaskan, dengan banyak melakukan penyelamatan dan hanya kebobolan dua gol dari tiga laga.

2. Muhammad Ferarri

Kapten Timnas U-20 Indonesia Ferrari (kiri) berbicara dengan rekan setimnya Dony Tri Pamungkas usai pertandingan melawan Timnas U-20 Uzbekistan dalam laga terakhir Grup A Piala Asia U-20 di Stadion Istiqlol, Fergana, Uzbekistan, Selasa (7/3/20230). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom)

nya pertahanan Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023 sehingga hanya kebobolan dua gol sepanjang fase grup juga tak lepas dari pertahanan yang dikomandoi Muhammad Ferarri.

Bek milik Persija Jakarta ini layak dipertahankan untuk Piala Dunia U-20 2023 agar memimpin rekan-rekannya lagi di atas lapangan.

3. Kakang Rudianto

Bersama Ferarri, Kakang Rudianto mampu menjadi tandem apik di barisan belakang untuk menghalau serangan lawan.

Kakang pun juga terbilang andal dalam duel udara dengan posturnya dan bisa memberi ancaman ke gawang lawan lewat situasi bola mati.

4. Robi Darwis

Robi Darwis melengkapi trio pertahanan Timnas Indonesia U-20 yang tampil apik dan menjadi poros permainan tim karena perannya sebagai libero.

Selain itu, pemain Persib Bandung ini andal dalam melepaskan lemparan ke dalam dengan jarak cukup jauh, yang bisa menjadi senjata bagi Timnas Indonesia U-20.

5. Dony Tri Pamungkas

Bek Timnas Indonesia U-20, Dony Tri Pamungkas, dalam pertandingan melawan Guatemala. (Dok. PSSI)

Dony Tri Pamungkas menjadi salah satu pemain yang menonjol di Piala Asia U-20 2023 berkat kemampuannya menguasai sisi kiri Timnas Indonesia U-20.

Selain andal dalam melakukan tusukan dengan dribelnya, Dony Tri juga dipercaya menjadi eksekutor bola mati dengan kaki kirinya.

6. Arkhan Fikri

Lini tengah Timnas Indonesia U-20 memang menjadi sorotan, seiring absennya Marselino Ferdinan. Akan tetapi, Arkhan Fikri bisa menutupi kehilangan tersebut dengan performanya.

Di Piala Asia U-20 2023 lalu, Arkhan Fikri mampu menjadi motor serangan dari sisi tengah. Ia pun aktif dalam menguasai lapangan tengah saat menyerang dan bertahan.

7. Hugo Samir

Komentar Hugo Samir usai Timnas Indonesia U-20 kalahkan Guatemala. (Instagram/@hugosamir28)

Hugo Samir menjadi salah satu pemain yang menonjol berkat etos kerjanya di atas lapangan, yang tak pernah lelah naik-turun untuk membantu serangan dan bertahan.

Kemampuan Pressing atau menekannya menjadi salah satu kunci dari taktik Shin Tae-yong sepanjang Piala Asia U-20 2023, sehingga lawan tak nyaman untuk membangun serangan dari belakang.

8. Hokky Caraka

Posisi Hokky Caraka sebagai penyerang utama Timnas Indonesia U-20 tak tergantikan. Hal ini dibuktikannya dengan lesakkan satu gol di Piala Asia U-20 2023.

Dengan kehadiran kreator atau Playmaker yang mumpuni, torehan gol Hokky Caraka bisa meningkat drastis dan bisa menjadi andalan di Piala Dunia U-20 2023.

Kontributor: Felix Indrajaya