Galih Prasetyo
Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu. (Josep Lago/AFP).

Gol.bolatimes.com - Hakim Silvia Lopez Mejia, hakim dari Pengadilan Pemeriksa Nomor 1 memerintahkan Unit Yudisial wilayah VII Garda Sipil Spanyol untuk memulai pemeriksaan kepada terdakwa dugaan suap yang melibatkan klub Barcelona.

Laporan dari Diario AS menyebutkan bahwa hakim Silvia meminta prosedur investigasi segera dilakukan untuk memeriksan terkait pembayaran uang yang dilakukan Barcelona kepada dua perusahaan, DASNIL 95 dan NILDAD yang keduanya diketahui milik dari mantan wakil presiden komite wasit Spanyol, Jose Maria Enriquez Negreira.

"Serta tujuan dari uang yang dikumpulkan oleh kedua perusahaan dan identitas orang yang memegang posisi sebagai Direktur Jenderal, CEO, Direktur Keuangan bidang Ekonomi Barcelona antara 2011 hingga 2014," kata Hakim Silvia dalam laporan yang terdiri dari 9 lembar tersebut.

Baca Juga:
PSSI-nya Spanyol Buka Suara Soal Skandal Dugaan Suap Barcelona

"Setelah penyelidikan tersebut selesai, pernyataan dari mereka yang diselidiki dan kesaksian yang diperlukan akan disepakati untuk mengetahui fakta-fakta yang dikecam dan penilaian hukum terkait pelanggaran pidana," jelasnya.

Dokumen berisi 9 lembar perintah dari hakim tersebut telah dikirimkan ke semua pihak termasuk Garda Sipil Spanyol yang nantinya akan melakukan pemeriksaan kepada pihak-pihak yang terlibat.

Sebelum jaksa penuntut umum Spanyol resmi mendakwa klub Liga Spanyol, Barcelona dengan tuduhan suap kepada mantan wakil presiden komite wasit Jose Maria Enriquez Negreira.

Baca Juga:
Skandal Dugaan Suap Wasit Barcelona, Toni Freixa Tuding Real Madrid Lakukan Hal Sama

Dalam dakwaannya, jaksa juga menduga adanya kejahatan korupsi yang dilakukan per individu serta pemalsuan dokumen. Mereka yang diduga melakukan aksi kejahatan ini adalah José María Enríquez Negreira, Oscar Grau, Albert Soler, Sandro Rosell dan Josep María Bartomeu.

Pihak penuntut menyebut bahwa Barcelona membayarkan uang sebesar 6,46 juta poundsterling kepada DASNIL dan NILSAT.

Menurut laporan El Mundo, Barcelona bisa menghadapi tuntutan hukum sangat besar atas dugaan suap kepada Negreira. Dua mantan presiden Barca, Sandro Rosell dan Josep Bartomeu serta mantan direktur Oscar Grau dan Albert Soler terancam tuntutan hukuman 4 tahun penjar

Baca Juga:
Kasus Dugaan Suap Barcelona, Joan Laporta Buka Suara: Barca Adalah Korban!