Husna Rahmayunita
Pelatih Thailand U-20 Toshiya Miura. (Instagram/@changsuek)

Gol.bolatimes.com - Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) bergerak cepat dengan menunjuk Toshiya Miura sebagai pelatih anyar Timnas Thailand U-20.

Menurut laporan ASEAN Football, FAT merekrut Miura untuk menggantikan Salvador Valero Garcia yang dipecat usai menuai serangkaian hasil mengecewakan.

Di bawah arahan Garcia, Thailand U-20 gagal menjuarai Piala AFF U-19 2022 dan gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023. Ini jelas bukan hasil yang bagus buat Thailand.

Baca Juga:
CAS Batalkan Hukuman Seumur Hidup Yves Jean-Bart, FIFA Ajukan Banding

Salvador Valero Garcia sempat mendapat desakan untuk mundur dari jabatannya. Tepatnya setelah ia gagal membawa tim Gajah Perang muda lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Lantas, seperti apa sepak terjang dari seorang Toshiya Miura ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Toshiya Miura

Baca Juga:
Hokky Caraka Punya Potensi Besar di Sepak Bola, Shin Tae-yong Sebut Performanya sudah Bersaing di Level Asia Tenggara

Pelatih berkebangsaan Jepang ini lahir di Kamaishi, Iwate, pada 16 Juli 1963. Ia merupakan mantan pesepakbola yang aktif bermain di era 1990-an.

Tidak banyak catatan klub yang pernah dibelanya. Namun yang pasti, Miura bermain di klub lokal Morioka Zebra dan Nippon Steel Kamaishi setelah lulus dari Universitas Komazawa.

Setelah pensiun sebagai pemain, Toshiya Miura memutuskan untuk langsung terjun ke dunia kepelatihan. Klub pertama yang ia tangani adalah Brummell Sendai yang dilatihnya di ajang Emperor Cup 1997.

Baca Juga:
Tiga Pemain Keturunan Direkomendasikan jadi WNI, Plt Menpora Ingatkan Naturalisasi Pemain Jalan Terakhir

Setelah itu, ia pindah melatih ke Mito HollyHock pada 1998. Dua tahun di sana, Miura lantas pindah ke Omiya Ardija, lalu ke Hokkaido Consadole Sapporo.

Klub besar yang pernah dilatih oleh Miura selanjutnya adalah Vissel Kobe dari 2009 hingga 2010. Setelah itu, ia melatih klub Jepang lainnya Ventforet Kofu.

Sempat menganggur selama beberapa tahun, Toshiya Miura kemudian ditunjuk menjadi pelatih timnas Vietnam dan Vietnam U-23 oleh Federasi Sepak Bola Vietnam, pada 2014.

Baca Juga:
Asisten Shin Tae-yong Unggah Pesan Menyentuh yang Bikin Publik Penasaran

Total dua tahun lamanya Miura menangani Vietnam dengan hanya mampu membawa Vietnam menjadi peringkat ketiga Piala AFF 2014 dan medali perunggu SEA Games 2015.

Setelah didepak dari timnas Vietnam, Toshiya Miura lalu pindah ke klub besar Vietnam, Ho Chi Minh City FC, pada 2018. Namun ia hanya melatih sembilan bulan di sana dengan catatan 13 kekalahan, 6 kali imbang, dan 7 kali menang.

Miura pun sempat menganggur lagi sebelum ditunjuk menjadi Direktur Teknik FC Gifu pada 2021 dan diangkat sebagai pelatih setahun berselang. Kini, Toshiya Miura ditunjuk menjadi pelatih Thailand U-19 dan Thailand U-20.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha