Muhammad Ilham Baktora
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan pernyataan kepada pewarta usai memimpin latihan timnas U-20 di Lapangan A Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (15/2/2022). (ANTARA/Michael Siahaan)

Gol.bolatimes.com - Pemusatan latihan atau TC yang digelar di Jakarta untuk Timnas Indonesia sudah dimulai sejak Senin (20/3/2023) sore WIB. Skuad Garuda bersiap menyambut laga persahabatan di FIFA Matchday menghadapi Burundi.

Meski sudah menjalani latihan hari pertama, seperti biasa, pemain yang dipanggil Shin Tae-yong masih ada yang belum datang.

Dari 28 pemain yang dipanggil terdapat enam pemain termasuk pemain naturalisasi seperti Elkan Baggott, Shayne Pattynama dan juga Jordi Amat.

Baca Juga:
Timnas Burundi Sudah Terbang ke Jakarta, Siap-siap Jajal Kekuatan Skuad Garuda

Shin Tae-yong mengingatkan bagi pemain-pemain yang sudah dipanggil untuk segera bergabung. Baginya tidak ada alasan apapun menyusul pertandingan sepak bola memasuki jeda internasional.

"Saya harap pemain Timnas Indonesia ini bisa segera datang. Saya ingatkan untuk mementingkan lambang Garuda. Jadi harus tahu dan sadar artinya lambang Garuda seperti apa," kata Shin Tae-yong dikutip dari Suara.com, Selasa (21/3/2023),

Persoalan Timnas Indonesia selain secara teknik, masalah mendatangkan pemain untuk bertarung saat tim bertanding juga tak kalah jadi sorotan.

Baca Juga:
Bek Muda Korsel yang Bakal Mentas di Piala Dunia U-20 Indonesia Bernafsu Gabung ke Manchester United

Bahkan tak sedikit sindiran dilayangkan ke Shin Tae-yong, terutama dari pelatih-pelatih klub yang merasa keberatan melepas anak asuhnya untuk sekadar membela timnas.

Meski demikian Shin Tae-yong cukup sabar menghadapi persoalan yang tiap tahun dia terima. Meski beberapa kesempatan bisa menjadi hasil baik, namun tak konsisten.

Selanjutnya Timnas Indonesia akan berlatih hingga 24 Maret 2023. Witan Sulaeman dkk dijadwalkan bertanding menghadapi Timnas Burundi pada 25 Maret untuk match pertama.

Baca Juga:
Janji Riko Simanjuntak usai Dapat Panggilan Kembali Bela Timnas Indonesia

Selanjutnya, skuad Garuda akan menghadapi tim yang sama di match kedua pada tanggal 28 Maret 2023.