Galih Prasetyo
Logo UEFA. (Fabrice COFFRINI / AFP)

Gol.bolatimes.com - Barcelona belum bisa bernafas lega di skandal Negreira. Meski laporan dari Departemen Keuangan Spanyol membuktikkan bahwa pembayaran Barcelona kepada Jose Maria Enriquez Negreira, eks wakil presiden Komite Wasit LaLiga tidak mempengaruhi hasil pertandingan.

Federasi sepak bola Eropa, UEFA seperti dilansir dari Mundo Deportivo dilaporkan telah resmi turun tangan di kasus ini. Pihak UEFA akan melakukan penyilidikan terkait skandal dugaan suap tersebut.

Turun tangannya UEFA di kasus ini membuat kekhawaitran bahwa nantinya Barcelona bisa mendapat sanksi dikeluarkan dari Liga Champions jika terbukti adanya dugaan suap untuk mempengaruhi hasil pertandingan mereka di Liga Spanyol.

Baca Juga:
Serangan Balik Barcelona di Skandal Negreira, Lima Tuntutan Hukum Disiapkan

"Sesuai dengan pasal 31 (4) Peraturan Displin UEFA, Inspektur Etika dan Displin UEFA telah ditunjuk pada hari ini untuk melakukan penyelidikan," tulis pernyataan resmi UEFA.

"Informasi lebih detail pada perkembangan kasus ini akan segara diberikan pada waktunya," tambah rilis resmi UEFA.

Kasus dugaan suap Barca ini pada minggu lalu sudah berada di tangan Kantor Kejaksaan Spanyol. Sementara aduan dari mantan wasit Xavier Estrada Fernandez kepada Barcelona juga masih dalam proses penyelidikan.

Baca Juga:
Di Tengah Prahara Skandal Negreira, Barcelona Gerilya Dapatkan Lionel Messi

UEFA diyakini akan mempelajari kasus ini dengan sangat hati-hati dan memiliki kemampuan untuk mencoret Barcelona dari keikutsertaan di Liga Champions.

Padal 4.02 regulasi Liga Champions yang berasal dari Statuta UEFA pasal 50.3 menyatakan bahwa jika UEFA menemukan bukti kuat adanya pelanggaran oleh klub, maka pihak bersalah tidak bisa ikut dalam kompetisi milik UEFA seperti Liga Champions.

Pihak UEFA disebut-sebut telah menjalin komunikasi dengan perwakilan PSSI-nya Spanyol, Dewan Olahraga Tinggi Spanyol serta 40 klub Liga Spanyol, terkecuali Real Madrid.

Baca Juga:
Lagi-lagi Tumbang dari Barcelona, Pelatih Real Madrid Salahkan VAR hingga Disentil Xavi Hernandez