Muhammad Ilham Baktora
Timnas Indonesia dalam laga melawan Burundi. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Timnas Indonesia mampu bermain konsisten saat gelaran FIFA Matchday menghadapi Timnas Burundi di dua match kemarin. Hasilnya, peringkat Timnas Indonesia merangkak naik dari awalnya 151, saat ini berada di peringkat ke-149.

Melansir dari Footyrankings, Rabu (29/3/2023), Timnas Indonesia mendapat total tambahan sebanyak +5,4 poin setelah menghadapi Burundi. Match pertama menang 3-1 dan match kedua Indonesia bermain imbang 2-2.

Pertandingan kedua merupakan laga yang cukup sengit. Indonesia yang awalnya ditinggal 2-1, akhirnya imbang 2-2 berkat sundulan berkelas bek Jordi Amat.

Baca Juga:
Jelang Piala Dunia U-20, Kolombia Menang Besar 18-0 atas Klub Spanyol

Hasil menang dan imbang itu, dikalkulasikan dalam bentuk angka. Jika ditotal hasil tersebut menambah poin Timnas Indonesia sebanyak +5,4 poin.

Maka dari itu, dihitung secara kalkulasi numerik FIFA, Indonesia naik peringkat menjadi 149. Sebelumnya skuad asuhan Shin Tae-yong ini berada di peringkat ke-151.

Naiknya ranking ini juga menjadi yang terbaik dalam 11 tahun belakangan. Hal itu terjadi sejak 2012 lalu.

Baca Juga:
Jadwal Pertandingan BRI Liga 1 Hari Ini: PSIS vs Persebaya Surabaya, Partai Hidup Mati Laskar Mahesa Jenar di Kandang

Akhirnya Timnas Indonesia bisa menaikkan peringkat cukup signifikan di bawah asuhan Shin Tae-yong. Hal itu juga terlihat saat Timnas Indonesia berhasil menaklukkan Curacao di dua laga persahabatan dalam FIFA Matchday yang dihelat September 2022 lalu.

Laga persahabatan ini sendiri cukup penting untuk timnas. Di sisi untuk menaikkan peringkat FIFA, hal ini juga sebagai pengalaman para pemain menghadapi lawan yang lebih tangguh dari mereka.

Meski peringkat tak menentukan kualitas para lawan, dengan bertemu pemain luar negeri dapat membentuk mental para pemain di turnamen penting yang akan diikuti nantinya.

Baca Juga:
PSSI Bantah Pihak yang Sebut FIFA Kirim Surat Pembatalan Piala Dunia U-20 2023

Selanjutnya Timnas Indonesia dijadwalkan melakoni FIFA Matchday pada Juni 2023 mendatang. Tim yang akan menghadapi skuad Garuda nantinya adalah Palestina.

Namun pertandingan itu hanya berjalan satu match saja. Nantinya PSSI akan mencari pengganti lawannya. Sementara PSSI berencana mendatangkan Argentina pada FIFA Matchday Juni mendatang.