Galih Prasetyo
Ganjar Pranowo dan putranya ngefan Manchester United. (Instagram/@ganjar_pranowo)

Gol.bolatimes.com - Ganjar Pranowo, politisi PDI P yang juga Gubernur Jawa Tengah bersama Gubernur Bali I Wayan Koster jadi public enemy pasca FIFA coret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Kedua politisi PDI P ini menjadi sasaran tembak para stackholder sepak bola nasional, mulai dari suporter hingga para pemain timnas Indonesia.

Di akun Instagram miliknya @ganjar_pranowo, sejumlah pemain Timnas Indonesia U-20 mulai dari Hokky Caraka hingga Arkhan Fikri menuliskan komentar pedas untuk pria bernama lahir Ganjar Sungkowo itu.

Baca Juga:
Indonesia Gagal jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Asnawi Mangkualam Beri Respons Menohok

FIFA dalam rilis resmi mereka menyebutkan pencoretan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 setelah menyikapi kondisi saat ini di Indonesia.

"FIFA has decided, due to the current circumstances," tulis induk sepak bola dunia itu.

Meski FIFA tidak menuliskan dalam bahasa resmi mereka bahwa pencoretan Indonesia terkait penolakan terhadap Israel, publik tetap beramai-ramai menuliska komentar pedas kepada Ganjar Pranowo.

Baca Juga:
Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ganjar Pranowo Diminta Netizen Pindah Palestina

Sosok Ganjar sejatinya bukan pejabat publik yang jauh dari sepak bola. Justru ia dikenal sebagai pejabat yang gandrung dengan sepak bola.

Ganjar Pranowo selama ini dikenal sebagai seorang fan klub Liga Inggris, Manchester United. Di beberapa kesempatan, Ganjar kerap memberikan komentar soal tim berjuluk Red Devils tersebut.

Ganjar juga pernah secara terbuka menyebut bahwa ia memang pendukung Manchester United.

Baca Juga:
FIFA Cabut Status Tuan Rumah Indonesia di Piala Dunia U-20, Argentina Buru-buru Dekati Gianni Infantino

“Aku aja yang penggemar MU lho kadang deg-degan terus,” kata Ganjar seperti pada video viral pada 2022 lalu.

Video itu memperlihatkan Ganjar tengah berbincang dengan anak pemuda yang mengaku cinta dengan klub PSIS Semarang.

Dalam video itu, Ganjar juga sempat mengatakan bahwa sebagai fans Manchester United, ia sempat malu lantaran anak asuh Erik ten Hag itu beberapa kali kalah.

Baca Juga:
Indonesia Dicoret Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Anak Cristiano Ronaldo Ngamuk ke Ganjar Pranowo

“Aku kadang suka malu lho kalau kemarin kalah terus. Tapi ya gak papa lah, yang penting udah menang lawan Liverpool,” ungkap Ganjar pada 2022.

Kecintaan Ganjar kepada Manchester United itu juga terlihat saat lulusan UGM mengaku tak mau keluar rumah pasca Manchester United dihancurkan Liverpool 0-7 pada Maret 2023.

"Sabar. Sabar. Sabar. Sudah lewat gang sempit kayak gini, masih ada aja yang nanya. Pengen tak heeeeeehhhhh,” tulis Ganjar di unggahan akun Instagram miliknya.

Soal kesukaan Ganjar kepada Manchester United diakuinya berawal dari sang istri.

Hal itu diungkapkannya ketika ditanya oleh seorang pria dalam video podcast yang diunggah di Instagramnya, Minggu (12/9/2021).

Dalam video itu, Ganjar mengakui kalau dirinya menggemari MU karena dipengaruhi oleh sang istri, Siti Atikoh.

"Pertamanya kan saya PDI gitu kan bajunya merah. Jadi waktu itu yang gila banget bola itu istri saya," ujar Ganjar.

"Waktu saya masih di Jakarta kan setiap Minggu saya pulang. Biasanya saya pulangnya tengah malam jam 1 atau jam 2 dinihari. Pas waktu nungguin itulah dia (Siti Atikoh) nonton bola," tambahnya.

Orang nomor satu di Jawa Tengah itu, akhirnya tertarik ikutan nonton Man United karena kebiasaan sang istri. Tak hanya dirinya, sang putra, Muhammad Zinedine Alam Ganjar, juga jadi penggemar The Red Devils.