Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Pemain Utrecht U-21, Ivar Jenner saat berseragam Indonesia dalam laga uji coba bersama Timnas Indonesia U-21. (Instagam/@ivarjnr)

Gol.bolatimes.com - Proses naturalisasi dua pemain keturunan Ivar Jenner dan Rafael Struick dipastikan tetap berlanjut, tak seperti Justin Hubner. Keduanya diagendakan mengambil sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga menerangkan proses naturalisasi Ivar Jenner dan Rafael Struick sebentar lagi selesai.

Setelah Hari Lebaran, Keduanya dijadwalkan menjalani sumpah WNI untuk menyelesaikan proses naturalisasi.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-22 Disebut-sebut Media Vietnam Dalam Bahaya jelang SEA Games 2023, Ini Alasannya

Arya menjelaskan pihaknya sudah bersurat kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk menjadwalkan proses pengambilan sumpah WNI. Surat pemberitahuan ulang harus dilakukan menyusul batalnya Justin Hubner.

"Kami sudah bersurat ke Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga). Nanti, kemenpora akan bersurat ke Kemensetneg (Kementerian Sekretariat Negara) untuk memproses Jenner dan Struick agar diurus administrasi dan disumpah," kata Arya di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta Pusat, Senin (17/4/2023).

"Kami harus membuat surat pemberitahuan lagi sebab awalnya kan tiga pemain, tapi satu pemain tidak jadi," lanjutnya.

Baca Juga:
Profil Dusan Stevanovic, Bek asal Serbia yang Dirumorkan Jadi Incaran Persebaya Surabaya

Setelah Keppres keluar, ketiganya baru bisa dilantik oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI. Proses belum selesai karena ketiganya harus diurus perpindahan federasi dari Belanda ke PSSI.

"Kemungkinan dilantik setelah Lebaran," tambah Arya yang juga staf khusus Kementerian BUMN.

Sampai saat ini, Rafael dan Ivar telah melalui beberapa proses tahapan menjadi WNI. Keduanya bersama Justin Hubner yang gagal di naturalisasi merupakan pemain rekomendasi Shin Tae-yong yang disiapkan untuk memperkuat Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Mengenal Stadion Nasional Morodok Techo, Venue Utama SEA Games 2023

Namun, ajang tersebut batal terselenggara di Indonesia setelah FIFA mencabut status tuan rumah. Kemudian, PSSI mempertegas komitmen keduanya setelah proses naturalisasi mereka disetujui DPR RI dari mulai Komisi III dan X hingga rapat Paripurna.

Hasilnya, hanya Justin Hubner yang batal dinaturalisasi. Pemain Wolverhampton Wanderes U-21 itu punya permintaan yang tidak bisa dipenuhi PSSI. Sementara Ivar dan Rafael tetap lanjut.

Baca Juga:
Siapa Hiba Abouk, Wanita yang Ceraikan Achraf Hakimi demi Harta Gono-gini