Arif Budi Setyanto
Philippe Troussier, mantan pelatih Timnas Jepang dan Vietnam U-19. (AFP/Nhac NGUYEN)

Gol.bolatimes.com - Pelatih Vietnam, Philippe Troussier disorot karena ketegasannya saat melatih. Terbaru ia dikabarkan sampai mengusir satu pemain dari sesi latihan.

Vietnam saat ini sedang melakukan persiapan untuk SEA Games 2023. Tensi latihan di bawah pelatih asal Prancis berlangsung panas.

Menukil laporan dari Soha.vn, bahkan Philippe Troussier disebutkan marah dan melakukan tindakan tegas. Ia mengusir pemain Vietnam bernama Ho Van Cuong yang dianggap tidak serius.

Baca Juga:
Ikut Seleksi Timnas Indonesia U-22 di Usia Muda, Hokky Caraka: Mental Saya Sudah Bagus dari Dulu

"Oke, hentikan latihan. Keluar, akhiri hari ini," ucap Troussier dikutip dari Soha.vn, Jumat (21/4/2023).

Ho Van Cuong sendiri terlihat kesal ketika kena semprot sang pelatih. Bahkan asisten pelatih Vietnam langsung memberikan motivasi terhadap pemain muda Golden Star Warriors itu.

Gaya melatih Troussier itu lantas jadi sorotan penggemar Vietnam. Ia dibandingkan dengan Park Hang-seo yang sebelumnya lebih santai tapi juga tidak kalah tegasnya.

Baca Juga:
2 Jebolan Garuda Select Ikut TC Timnas Indonesia U-22, Kurniawan Dwi Yulianto: Ini Prestasi

"Sesi latihan Park (Hang-seo) sebelumya penuh dengan tawa dan kegembiraan. Pelatih ini (Troussier) melihat semua teriakan dan gemuruh, tidak yakin pemain bisa menyerap instruksinya," kata seorang netizen.

"Cara berkomunikasi agar para pemain mengerti dan menyerap (instruksi) juga diperlukan. Dia berteriak keras, tapi pemain tidak mengerti. Menciptakan lebih banyak tekana belum tentu baik, Mudah-mudahan itu hanya kekhawatiran," imbuh lainnya.

Adapun Vietnam sendiri memang punya target tinggi di SEA Games 2023, yakni mempertahankan emas. Tak ayal, Troussier keras dalam sesi latihan demi hasil terbaik.

Baca Juga:
Curhat Kapten Timnas Indonesia U-22 Tiga Tahun Tak Mudik Lebaran

Apalagi Vietnam tergabung di grup sulit karena harus berjumpa Thailand, Malaysia, Singapura, dan Laos. Di sisi lain, timnas Indonesia U-22 segrup bersama Kamboja, Myanmar, Filipina, serta Timor Leste.