Irwan Febri Rialdi
Timnas Putri Myanmar bungkam Timnas Putri Filipina yang merupakan kontestan Piala Dunia Wanita dengan skor 1-0 di SEA Games 2023. [Twitter/@AFFpresse]

Gol.bolatimes.com - Kejutan terjadi di cabor sepak bola putri SEA Games 2023 ketika Filipina tumbang dari Myanmar.

Disebut kejutan karena Filipina merupakan peserta Piala Dunia Wanita 2023 justru tumbang dari Myanmar yang berstatus medioker.

Kekalahan Filipina dari Myanmar ini terjadi pada pertandingan Grup A, Rabu (3/5/2023). Myanmar menang tipis 1-0 berkat gol penalti Win Theingi Tun di menit 89.

Baca Juga:
SEA Games 2023: Tak Gentar Diteror Suporter, Timnas Voli Indonesia Bungkam Kamboja dengan Skor Telak

"Filipina terlalu kuat jika dibanding Myanmar. Tapi, pemain saya berjuang dengan gagah berani, dari awal sampai akhir. Ini juga pesan yang ingin saya sampaikan kepada fans, tolong dukung tim," kata pelatih Myanmar asal Jepang, Uki Tetsuro, di situs resmi SEA Games 2023.

"Setelah kemenangan melawan Filipina, kami akan mempersiapkan tim kami dengan sangat serius untuk pertandingan melawan Vietnam. Ini adalah pertandingan yang sangat penting bagi kami untuk terus melangkah di kompetisi ini," tambah Uki Tetsuro.

Kemenangan ini jelas mengangkat moral para pemain Myanmar karena Filipina digadang-gadang sebagai calon kuat peraih medali emas sepak bola putri SEA Games 2023.

Baca Juga:
SEA Games 2023: Pelatih Timnas Voli Pastikan Turunkan Pemain Terbaik Lawan Vietnam di Semifinal

Bukan tanpa sebab, Filipina datang ke ajang ini dengan status sebagai berikut: juara Piala AFF Wanita 2022, semifinalis Piala Asia Wanita 2022, dan peserta Piala Dunia Wanita 2023.

Atas kekalahan ini, Timnas Wanita Filipina tertahan di posisi ketiga klasemen Grup A. Sementara Myanmar menduduki peringkat kedua dengan 3 poin.

Pada pertandingan kedua Grup A, Sabtu (6/5), Myanmar harus mengakui keunggulan Vietnam dengan skor 1-3.

Baca Juga:
Klasemen Medali SEA Games 2023: Raih 8 Emas, Indonesia di Posisi Kedua, Bersaing Ketat dengan Thailand

Dengan hasil ini, Vietnam sendiri kukuh di puncak klasemen Grup A dengan koleksi 6 poin.

Sementara buat Filipina, mereka harus bangkit di dua laga terakhir melawan Malaysia dan Vietnam jika ingin asa lolos ke semifinal SEA Games 2023 terus hidup.

Baca Juga:
Sudah 42 Tahun, Madura United Ungkap Alasan Perpanjang Kontrak Eks Striker Naturalisasi Timnas Idonesia

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha