Gagah Radhitya Widiaseno
Legenda Malaysia, Safee Sali remehkan timnas Indonesia di Piala AFF. (AFP PHOTO / MOHD RASFAN MOHD RASFAN / AFP)

Gol.bolatimes.com - Insiden kontroversial yang terjadi di laga Vietnam vs Malaysia menjadi sorotan publik. Beberapa pihak mempertanyakan kinerja wasit yang memimpin laga tersebut.

Tak terkecuali salah satu top skor Piala AFF 2010, Safee Sali. Eks striker Malaysia tersebut geram melihat keputusan wasit Ryuji Sato yang dinilai merugikan skuad Harimau Malaya.

Ia menyebut kalau wasit 'bodoh' dan tak paham tentang sepak bola.

Baca Juga:
Piala AFF 2022: Pelatih Thailand Blak-blakan Ungkap Kelebihan Timnas Indonesia, Kuat di Sayap

“Pandangan saya, dia (Ryuji Sato) tidak pernah dan tidak pandai bermain sepak bola. Sepak bola adalah olahraga yang dimainkan dengan menggunakan tubuh fisik. Pada saat yang sama menggunakan mental dan emosional," ujar Safee Sali dilansir dari laman Makan Bola.

"Setiap kali orang yang tidak tahu bagaimana bersentuhan fisik dengan keras demi memperjuangkan nama negara, itu adalah tindakan dan permainan kartu yang seharusnya tidak terjadi," tambahnya.

Safee yang pernah membela Timnas Malaysia di ajang Piala AFF 2010 itu juga menyarankan agar Ryuji Sato bermain sepak bola agar bisa merasakan apa yang dirasakan pemain seperti Azam tadi malam.

Baca Juga:
Dewa United Resmi Berpisah dengan Nil Maizar

"Itu bias dan tampaknya ada ketidakadilan di sana. Katakan padanya untuk menembak bola dan kemudian dia mempertahankan kontak tubuhnya.. Apa yang dia pikirkan," tambahnya.

Momen kontroversial itu terjadi pada menit ke-59 dimana fullback kiri Timnas Vietnam Doan Van Hau coba menerobos pertahanan Malaysia. Namun, bek Malaysia Azam Azmi menutup pergerakan pemain tersebut.

Laga Vietnam vs Malaysia yang kontroversi. (Twitter/@theaseanball)

Azam pun tak segan-segan membuang bola tersebut ke arah permainan Vietnam. Di saat bersamaan, Azam terpental ke papan iklan yang berada di luar lapangan.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Wajib Waspada, Gelandang Thailand Incar Kemenangan di Piala AFF 2022

Setelah duel perebutan bola di kotak 16 Malaysia itu, wasit sejatinya sempat melanjutkan laga.

Namun wasit Ryuji Sato tiba-tiba menghentikan pertandingan dan berdiskusi dengan asisten wasit yang berujung penalti dan kartu merah untuk Azam Azmi.