Muhammad Ilham Baktora
Tangkapan layar atribut dukungan timnas Indonesia dibongkar Paspampres. (Twitter/@gilabola_ina)

Gol.bolatimes.com - Kabar kurang baik dialami pendukung Timnas Indonesia yang akan datang menyemangati skuad Garuda yang bakal menghadapi Timnas Vietnam di leg I semifinal Piala AFF 2022 di SUGBK, Jumat (6/1/2023) sore.

Persiapan koreografi serta atribut yang sudah diletakkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) diduga dibongkar Paspampres.

Hal itu ramai dibahas di media sosial Twitter satu jam sebelum pertandingan dimulai pukul 16.30 WIB. Hashtag paspampres trending hingga menempati posisi kedua di Twitter.

Baca Juga:
Berpengalaman Bobol Gawang Vietnam di Kelompok Umur, Marselino Ferdinan Diharapkan buat Gol yang Sama di Piala AFF 2022

Kabar dugaannya pembongkaran atribut suporter Indonesia itu dijelaskan akun @gilabola_ina. Dikutip pada Jumat (6/1/2023), narasi tersebut mengatakan bahwa persiapan koreografi sebagai bentuk dukungan diduga dihancurkan Paspampres.

"Koreo milik Ultras Garuda Indonesia & La Grande Indonesia yang sudah dipersiapkan untuk pertandingan Semifinal leg pertama menghadapi Vietnam dihancurkan oleh Paspampres siang tadi. Choreography not criminal!," tulisnya.

Dalam unggahannya, akun itu menampilkan sejumlah tangkapan layar atribut koreografi berserakan. Tak hanya itu, rilis pernyataan dari La Grande Indonesia juga disematkan.

Baca Juga:
Tiket Duel Timnas Indonesia vs Vietnam Ludes Terjual, 50 Ribu Suporter Siap Merahkan SUGBK

Dalam penggalan pernyataan La Grande Indonesia menyebutkan bahwa persiapan koreografi sudah disiapkan sejak Kamis (5/1/2023) malam.

"Semalam koreografi sudah selesai kami persiapkan. Tetapi siang ini kami dapat kabar kalau koregrafi itu dihancurkan paspampres, yang ingin mengamankan kedatangan Presiden Jokowi sore ini," tulisnya.

Baca Juga:
Media Vietnam 'Mata-matai' Timnas Indonesia, Bocorkan Rencana Shin Tae-yong yang Ada di 2 Lembar Kertas

Akun tersebut juga menejalaskan pembongkaran atribut diantaranya adalah banner dicopot, kertas koreografi dibuang. La Grande Indonesia juga mempertanyakan dengan dugaan pembongkaran yang dilakukan Paspampres itu, mengingat tidak ada ancaman atau rencana untuk merusak semangat Timnas Indonesia berlaga di Piala AFF 2022.

Hingga kini belum ada klarifikasi dari pihak berwenang atau dari Paspampres yang diduga melakukan pembongkaran tanpa alasan tersebut.

Indonesia hadir dengan semangat positif untuk mengalahkan Vietnam di semifinal, pada leg I semifinal yang digelar di SUGBK, menjadi langkah penting untuk skuad Garuda mencetak banyak gol.

Hal itu tak lain sebagai modal Witan Sulaeman dkk untuk mengalahkan Vietnam saat laga tandang di Stadion My Dinh, Hanoi pada 9 Januari 2023.