Husna Rahmayunita
Wasit asal Jepang Araki Yusuke yang jadi pengadil di laga Vietnam vs Indonesia pada leg kedua babak semifinal Piala AFF 2022, Senin 9 Januari 2023. (jfa.jp)

Gol.bolatimes.com - Sosok wasit Araki Yusuke melejit lantaran bakal memimpin laga Vietnam vs Timnas Indonesia di leg kedua semifinal Piala AFF 2022. Profil Araki Yusuke jadi perhatian.

Araki Yusuke bakal menjalani tugasnya pada leg kedua semifinal di Stadion My Dinh, Hanoi, pada Senin (9/1/2023) pukul 19.30 WIB.

Dia akan dibantu dua asisten yang juga berasal dari Jepang yakni Watanabe Kota dan Hamamoto Yusuke. Sementara wasit keempat adalah Souei Vongkham yang berasal dari Laos.

Dilansir dari Transfermarkt, Araki Yusuke punya segudang pengalaman memimpin pertandingan Internasional. Vietnam sendiri diketahui memiliki pengalaman buruk saat dipimpin Araki Yusuke.

Kenangan pahit itu terjadi saat Vietnam U-23 menghadapi Arab Saudi dalam laga perempat final Piala Asia U-23 2022. Dalam laga itu, Araki Yusuke memberikan kartu merah kepada pemain Vietnam, Quan Van Chuan. Akibatnya, Vietnam U-23 harus kalah 0-2 dari Arab Saudi.

Lantas, siapa sebetulnya Araki Yusuke ini? Berikut ulasan profilnya!

Profil Araki Yusuke

Wasit berusia 36 tahun itu dikenal cukup veteran. Maklum, dia sudah memiliki pengalaman selama 10 tahun dalam memimpin pertandingan sepakbola.

Ia telah mengantongi lisensi wasit FIFA sejak lima tahun lalu sehingga Yusuke berhak untuk ditugaskan memimpin laga--laga internasional.

Menilik sepak terjangnya, Araki Yusuke dikenal sebagai wasit yang tegas dan tanpa kompromi. Ini bisa dilihat dari catatan kartu yang ia keluarkan.

Disitat dari Transfermarkt, Yusuke sudah memimpin 266 laga. Dia telah mengeluarkan 21 kartu merah tidak langsung, 17 kartu merah langsung, dan 683 kartu kuning.

Selain pernah memimpin laga Vietnam, Araki Yusuke juga tercatat pernah menjadi pengadil di atas lapangan antara Timnas Indonesia vs Islandia.

Dalam laga persahabatan internasional di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 14 Januari 2018 itu, Timnas Indonesia takluk 1-4.

Dalam pertandingan itu, Araki Yusuke mengeluarkan dua kartu kuning yang seluruhnya untuk pemain Indonesia yaitu Bayu Pradana dan Hansamu Yama Pranata.

Araki Yusuke juga pernah memimpin pertandingan yang berkaitan dengan klub Indonesia, PSM Makassar. Tim Juku Eja merasakan kepemimpinan Araki Yusuke saat menghadapi Kuala Lumpur City FC pada final Zona ASEAN Piala AFC 2022 di Stadion KLFA, 24 Agustus 2022.

Itulah profil Araki Yusuke.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha