Arif Budi Setyanto
Aksi Nguyen Tien Linh saat Vietnam kalahkan Timnas Indonesia 2-0 di leg kedua semifinal Piala AFF 2022. (Dok.VFF)

Gol.bolatimes.com - Pihak AFF membuat laporan hasil pertandingan antara timnas Indonesia melawan Vietnam di semifinal leg kedua Piala AFF 2022, Senin (9/1/2023). Menurutnya ada satu kunci sukses Golden Star Warriors menumbangkan skuad Garuda.

Timnas Indonesia harus tersingkir di Piala AFF 2022. Tim asuhan Shin Tae-yong tumbang 0-2 di semifinal leg kedua atas Vietnam.

Nguyen Tien Linh menjadi pahlawan Golden Star Warriors di babak semifinal. Ia memborong dua gol ke gawang timnas Indonesia yang dijaga oleh Nadeo Argawinata.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Pernah Berhasrat Ingin Rekrut Jose Mourinho atau Guus Hiddink

Striker berusia 25 tahun ini membuat gol cepat kala pertandingan masih berjalan tiga menit. Di babak kedua, ia kembali menjaringkan bola lewat sundulan di menit-menit awal.

Di sisi lain, timnas Indonesia bermain lebih agresif untuk mengejar ketertinggalan. Marc Klok cs memang lebih mendominasi possesion ball.

Pesepak bola Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto (kedua kiri) bereaksi usai gagal membobol gawang Timnas Vietnam dalam pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Akan tetapi, timnas Indonesia mendapatkan kebuntuan ketika berusaha membongkar lini pertahanan Vietnam. Bahkan Dendy Sulistyawan cs tidak bisa membukukan catatan tembakan tepat sasaran.

Baca Juga:
Berulang Kali Gagal, Mengapa Shin Tae-yong Tak Mundur?

Rapatnya barisan pertahanan Vietnam dianggap sebagai kunci anak asuh Park Hang-seo mengalahkan timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2022.

"Meski jadi tim yang membutuhkan gol, Indonesia tertahan oleh lini belakang Vietnam yang terorganisir dengan baik dan mengakiri pertandingan dengan nol tembakan tepat sasaran," tulis laporan affmitsubishielectriccup.com disadur pada Selasa (10/1/2023).

Lini pertahanan Vietnam memang tampak solid. Buktinya sejauh ini Golden Star Warriors sama sekali belum kebobolan satu gol sejak fase grup Piala AFF 2022.

Baca Juga:
Jadwal Thailand vs Malaysia di Laga Hidup Mati Semifinal Piala AFF 2022 Malam Ini

Adapun Vietnam kini sedang menunggu dua tim, antara Malaysia atau Thailand yang akan menjadi lawannya di babak final. Sebelumnya Harimau Malaya unggul agregat 1-0 atas tim berjuluk Changsuek.