Galih Prasetyo
Pemain Kolombia U-20 Juanda Fuentes (kanan) bersama presiden Barcelona Juan Laporta (Instagram @juandavidfg10)

Gol.bolatimes.com - Piala Dunia U-20 Indonesia bakal jadi panggung bagi jebola La Masia Juanda Fuentes. Ia diprediksi bakal memperkuat tim U-20 Kolombia di Piala Dunia U-20 Indonesia.

Juanda Fuentes merupakan jebolan asli akademi kenamaan milik Barcelona, La Masia. Pemain kelahiran Monteria, Kolombia ini berposisi sebagai winger kiri.

Bagi tim Barcelona B yang bermain di kasta ketiga Liga Spanyol, Fuentes ialah pemain penting. Pelatih Barcelona B, Rafa Márquez tercatat telah memainkan Fuentes sebanyak 16 laga pada musim ini.

Baca Juga:
Edison Azcona Anak Didik Legenda Manchester United yang Main di Piala Dunia U-20 Indonesia

Dari 16 pertandingan, Fuentes mengoleksi 2 gol dan 2 asisst. Meski membela tim U-20 Kolombia, karier Fuentes sepenuhnya berawal di Spanyol.

Fuentes memang diketahui memiliki darah Spanyol dan Kolombia. Awal kariernya memang tidak di La Masia. Ia memulai kariernya di akademi Tecnofutbol.

Fuentes lalu masuk ke akademi La Masia. Pada periode 2019, Fuentes raih catatan apik bersama tim muda Barcelona. Ia menorehkan 4 gol di kompetisi yang berlangsung pada 2019.

Baca Juga:
Daftar Tim Kejutan yang Berpeluang Isi 8 slot sisa di piala dunia u-20 2023

Fuentes ialah rekan satu angkatan Xavier Simons, pemain yang kini membela Paris Saint Germain (PSG).

Sementara bagi pelatih Kolombia U-20, Hector Cardenas, Fuentes juga menjadi bagian penting. Pemain bernomor punggung 7 itu sejak debut pada 13 Desember 2022 telah mencatatkan 5 pertandingan dan mencetak 1 gol.

Bagi publik Argentina, Fuentes adalah 'musuh'. Dikutip dari Mundodeportivo, Fuentes adalah penyebab tim Argentina U-20 gagal lolos ke Piala Dunia U-20 Indonesia.

Baca Juga:
Deretan Pemain Top yang Gagal Tampil di Piala Dunia U-20 2023, Ada Wonderkid Manchester United

Gol semata wayang yang dicetak Fuentes pada 28 Januari 2023 membuat Kolombia mengalahkan Argentian dan memastikan anak asuh Javier Mascherano itu absen di Indonesia.