Muhammad Ilham Baktora
Selebrasi pemain Timnas Indonesia merayakan gol Marselino Ferdinan ke gawang Filipina di Piala AFF 2022. (Dok. PSSI)

Gol.bolatimes.com - Gelaran Piala AFF 2022 sudah usai. Masyarakat disuguhkan dengan sejumlah permainan berkualitas para penggawa muda di bawah tangan dingin Shin Tae-yong.

Hal ini menjadi batu loncatan para pemain untuk berkarier lebih bersinar lagi. Tak menutup kemungkinan nama para pemain ini mendapat sorotan dan berpeluang bermain di luar negeri untuk meningkatkan kemampuannya.

Berikut enam pemain Timnas Indonesia yang cukup mumpuni bermain di luar negeri tahun ini.

Baca Juga:
Sempat Bersitegang dengan Shin Tae-yong, Park Hang-seo Angkat Topi dengan Perubahan Timnas Indonesia

1. Marselino Ferdinan

Nama Marselino Ferdinan digadang-gadang akan naik level ke kompetisi yang lebih tinggi. Pemain Persebaya Surabaya itu bahkan sudah direstui untuk meninggalkan klub dan bermain di klub luar negeri.

Marselino Ferdinan cetak sejarah usai bikin gol lawan Filipina di Piala AFF 2022. (Instagram/PSSI)

Klub asal Jerman disebut tertarik merekrutnya. Meski demikian belum ada kepastian jelas untuk masa depan pemain 18 tahun itu. Tak perlu jauh-jauh, Manajer Timnas Thailand, Madam Pang dirumorkan tertarik merekrutnnya ke klub Port FC yang dikelala wanita tersebut.

Baca Juga:
Kisah Bersejarah Bambang Pamungkas yang Pernah Bobol Gawang Bayern Munich

2. Rizky Ridho

Bek Timnas Indonesia, Rizky Ridho. (Instagram/rizkyridhoramadhani)

Kinerja selama di Timnas Indonesia saat berlaga di Piala AFF 2022 memang tak diragukan. Shin Tae-yong beberapa kali memasang Rizky Ridho dengan pemain kelas Eropa, Jordi Amat. Sejauh ini pertahanan skuad Garuda masih teratur, meski saat menghadapi Vietnam di semifinal harus tumbang 2-0.

Bek Persebaya ini juga tak ingin menolak jika ada tawaran dari klub luar negeri terutama Asia untuk merekrutnya. Jika performanya makin tajam, Rizky Ridho juga bermimpi bermain di Eropa.

Baca Juga:
Gagal Dapat Mykhailo Mudryk, Arsenal Rekrut Penyerang Belgia Seharga Rp503 Miliar

3. Yakob Sayuri

Namanya makin mendapat perhatian saat Indonesia mengalahkan Brunei Darussalam di Piala AFF 2022, tujuh gol tanpa balas. Semenjak itu, Sayuri kerap menjadi starter di kompetisi Piala AFF 2022.

Selebrasi Yakob Sayuri dan Ramadhan Sananda di laga Timnas Indonesia vs Brunei. (Instagram/@pssi)

Memang performanya cukup lincah kala membawa bola dan merangsek masuk ke pertahanan lawan. Namun yang menjadi garis bawahnya adalah finishing pemain PSM Makassar ini yang belum begitu baik.

Hal itu terlihat saat Indonesia menjamu Vietnam dengan hasil imbang 1-1 di SUGBK pada semifinal Piala AFF 2022.

4. Ramadhan Sananta

Pemain PSM Makassar ini memiliki kans untuk berkembang lebih banyak. Sayang memang saat di Timnas Indonesia, Sananta tak banyak dapat menit bermain.

Ramadhan Sananta jalani debut saat Timnas Indonesia kalahkan Curacao 3-2 di FIFA Matchday. (Dok. PSSI)

Namun satu gol pemain 20 tahun ini menghadapi Brunei Darussalam cukup membuat nilai dirinya sudah berkembang bersama Timnas Indonesia.

Tawaran bermain di luar negeri tentu menjadi kesempatan besar untuk pemain ini. Meski begitu Sananta wajib membenahi performanya sebelum memutuskan berlabuh ke klub baru.

5. Egy Maulana Vikri

Penyerang Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri (kiri) melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (23/12/2022) sore. [dok. PSSI]

Nama Egy Maulana Vikri sejatinya sudah makan asam garam bermain di luar negeri. Lechia Gdansk, klub asal Slovakia, FK Snica dan juga ViOn Zlate Moravce pernah menggunakan jasanya.

Namun, Egy yang berstatus tanpa klub karena kontraknya dengan ViOn Zlate Moravce habis, punya kesempatan berkembang di usianya yang masih cukup muda.

Selama Piala AFF 2022 lalu, Egy merupakan peraih gol terbanyak di dalam skuadnya.