Husna Rahmayunita
Pelatih Timnas Selandia Baru U-20 Darren Bazeley. (dok.nzfootball.co.nz)

Gol.bolatimes.com - Profil Pelatih Selandia Baru U-20 Darren Bazeley menarik dibahas karena mereka dijadwalkan bakal menjadi lawan Timnas Indonesia U-20 dalam mini turnamen jelang Piala Asia U-20 2023.

Mini turnamen ini akan diikuti oleh tiga negara yakni Fiji, Selandia Baru, dan Guatemala. Seluruh pertandingan dijadwalkan akan berlangsung pada 17-22 Februari mendatang. 

Menilik kekuatan dan rekam jejak, Selandia Baru U-20 berpotensi menjadi lawan paling berat karena mereka berhasil lolos ke Piala Dunia U-20 2023 dan berpotensi juga untuk menjadi lawan Timnas Indonesia U-20.

Dalam sejarahnya, Selandia Baru sudah enam kali mentas di Piala Dunia U-20. Ini menandakan bahwa Selandia Baru punya kekuatan yang mumpuni.

Lantas, siapa yang menjadi pelatih Selandia Baru U-20 saat ini?

Profil Darren Bazeley

Sejak 2023, Selandia Baru U-20 dilatih oleh pelatih asal Inggris, Darren Shaun Bazeley. Ia adalah mantan pemain yang banyak menghabiskan karier sepakbolanya di Inggris dan Selandia Baru.

Pria kelahiran 5 oktober 1972 di Northampton tersebut merupakan jebolan akademi Watford. The Hornets pun menjadi klub pertama yang dibela Bazeley dalam karier profesionalnya dan paling lama diperkuatnya.

Total 10 musim Bazeley bermain untuk Watford dengan mencatatkan 283 penampilan dengan torehan 21 assist di liga. Lalu pada musim 1999, ia pindah ke Wolverhampton Wanderers.

Di penghujung kariernya, Bazeley sempat pindah ke tim kasta bawah Inggris, Walsall, sebelum pergi ke Selandia Baru untuk membela New Zealand Knights dan Waitakere United.

Usai pensiun pada 2008, eks pemain Timnas Inggris U-21 ini memulai karier kepelatihan dengan menukangi Selandia Baru U-17 dari 2011-2013.

Dalam perjalanan kariernya sebagai pelatih, Darren Bazeley memang lebih banyak berkutat di tim nasional Selandia Baru. Ia sempat menjadi pelatih Selandia Baru U-20, U-23, dan pelatih interim Timnas Selandia Baru.

Beberapa tim yang pernah dilatih olehnya di luar Selandia Baru adalah Colorado Rapids (Amerika Serikat sebagai asisten) dan Newcastle Jets (Australia sebagai asisten pelatih).

Selama menjabat sebagai pelatih, Darren Bazeley mampu membawa Selandia Baru U-20 lolos ke 16 besar Piala Dunia U-20 2015 dan juara Piala Oseania U-20 2016.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha